CIMB Niaga Syariah Gelar Syukuran Pembukaan Kancab Syariah Mataram

Thursday 21 Mar 2013, 6 : 04 pm
by
Unit usaha syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk (”CIMB Niaga Syariah”) menyelenggarakan acara silaturahim dan syukuran atas pembukaan Kantor Cabang (Kancab)  Syariah  di Jl Ruko Pejanggik No. 128, Cakranegara, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang telah beroperasi sejak 5 Februari 2013

MATARAM-Unit usaha syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk (”CIMB Niaga Syariah”) menyelenggarakan acara silaturahim dan syukuran atas pembukaan Kantor Cabang (Kancab)  Syariah  di Jl Ruko Pejanggik No. 128, Cakranegara, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang telah beroperasi sejak 5 Februari 2013.

Pembukaan Kantor Cabang Syariah ini bertujuan untuk memperluas jangkauan masyarakat terhadap produk dan layanan perbankan CIMB Niaga Syariah.

Selain itu, acara silaturahim dan syukuran dilakukan untuk  mempererat hubungan dan tali silaturahim dengan masyarakat Mataram terutama nasabah dan mitra usaha CIMB Niaga Syariah.

Menurut Direktur Commercial Banking & Syariah CIMB Niaga, Handoyo Soebali, Provinsi Nusa Tenggara Barat memiliki potensi pengembangan perbankan syariah yang besar.

’’Untuk dapat menjawab minat masyarakat terhadap produk dan layanan perbankan syariah, kami hadir di Mataram, Nusa Tenggara Barat sebagai jawaban melalui pembukaan KCS baru ini,’’ kata Handoyo.

Selain di Mataram, maka efektif per 19 Maret 2013, CIMB Niaga Syariah juga telah mengoperasikan Kantor Cabang Syariah terbaru yang berlokasi di Batam.

Perluasan jaringan melalui pembukaan Kantor Cabang Syariah baru, lanjut Handoyo, merupakan bagian dari strategi bisnis CIMB Niaga memperbesar skala bisnis syariah (sharia business scaling up) melalui penerapan Dual Banking Leverage Model (DBLM).

“Tujuannya agar CIMB Niaga Syariah dapat memenuhi kebutuhan masyarakat melalui penawaran seluruh produk dan layanan Syariah yang lengkap dan memiliki kualitas setara dengan produk dan layanan perbankan induknya, dan lebih baik dari industri perbankan syariah pada umumnya”, ungkap Handoyo.

Dengan diresmikannya Kantor Cabang Syariah Mataram ini serta mulai beroperasinya Kantor Cabang Syariah di Batam, CIMB Niaga Syariah kini memiliki 29 Kantor Cabang Syariah (KCS), 1 Kantor Cabang Pembantu Syariah (KCPS) dan 554 Office Channeling/OC (layanan perbankan konvensional dan syariah dalam satu atap), yang tersebar di 18 provinsi dan 89 kota besar di Tanah Air.

Dari sisi kinerja, lanjut Handoyo, CIMB Niaga Syariah terus menunjukkan performa positif dari tahun ke tahun.

Berdasarkan data publikasi per 31 Desember 2012, aset CIMB Niaga Syariah meningkat 72% dari Rp5,26 triliun di 2011 menjadi Rp9,07 triliun di 2012. Pembiayaan CIMB Niaga Syariah juga tumbuh signifikan sebesar 133% dari Rp3,27 triliun di 2011 menjadi Rp7,63 triliun di akhir 2012.

Adapun dana pihak ketiga CIMB Niaga Syariah meningkat 69% dari Rp4,14 triliun di 2011 menjadi Rp6,99 triliun pada akhir 2012.

Sebagai bank yang selalu menempati urutan teratas dalam pelayanan kepada nasabahnya, CIMB Niaga Syariah menempatkan service excellence sebagai keunggulan untuk meningkatkan jumlah nasabah.

Selain pelayanan berkualitas, CIMB Niaga Syariah juga didukung oleh kemampuan Informasi Teknologi terkini malalui fitur-fitur yang komprehensif.

Tersedianya beragam produk dan layanan syariah terbaru dan inovatif, juga turut menjadikan CIMB Niaga Syariah sebagai pilihan utama bagi nasabah perbankan yang ingin menggunakan jasa dan layanan perbankan syariah.

 Tabungan iB X-Tra Syariah

Melalui KCS Mataram, diharapkan dapat meningkatkan akses masyarakat dalam menempatkan simpanan di CIMB Niaga Syariah, serta mengaktifkan office channeling di wilayah Kantor Bank Indonesia setempat.

Simpanan tersebut dapat ditempatkan di berbagai produk, terutama Tabungan iB X-Tra Syariah.

Produk tabungan ini merupakan simpanan dana pihak ketiga dalam bentuk tabungan yang sesuai dengan prinsip syariah yaitu titipan (wadiah) dimana pemilik dana memberikan kebebasan penuh kepada CIMB Niaga Syariah (Mudharib) untuk mengelola dananya.

’’Kami menyambut dan mempersilakan masyarakat untuk bersilaturahim menempatkan dana mereka di CIMB Niaga Syariah,’’ kata Handoyo.

PKR dan PKM Syariah

Melalui KCS Mataram ini, masyarakat juga dapat mengakses berbagai produk pembiayaan unggulan.

Di antaranya dengan menggunakan akad murabahah (jual beli), nasabah pembiayaan kepemilikan rumah (PKR) CIMB Niaga Syariah dapat menikmati cicilan dan pokok tetap hingga maksimal 20 tahun dan bebas denda bila pelunasan dipercepat sebelum jatuh tempo.

Hal serupa juga berlaku bagi pembiayaan kepemilikan mobil (PKM) dengan cicilan dan pokok tetap maksimal 5 tahun.

’’Dengan akad murabahah (jual beli) dengan skema fix installment (cicilan tetap), nasabah tidak akan mengalami perubahan cicilan dan pokok sehingga lebih tenang, aman, dan dapat membantu perencanaan keuangan keluarga’’, kata Handoyo yang menyebutkan CIMB Niaga Syariah juga menyediakan produk pembiayaan modal kerja dan investasi untuk kebutuhan pengembangan usaha serta produk pembiayaan gadai emas (Rahn).

CIMB Niaga Syariah Gold Card

CIMB Niaga Syariah juga memiliki produk kartu pembiayaan syariah bernama CIMB Niaga Syariah Gold Card untuk memudahkan masyarakat dalam bertransaksi dimana pun dan kapan pun dengan tetap sesuai kaidah syariah.

Kartu ini juga memiliki berbagai keistimewaan seperti gratis iuran tahunan seumur hidup (free for life) untuk kartu utama dengan limit dari Rp3 juta sampai Rp100 juta.

Hingga Desember 2012, jumlah syariah gold card tercatat sebanyak 59.712 kartu.

Selain itu, nasabah juga dapat menikmati fitur fitur Fix ‘N Easy yang memberikan kenyamanan pembayaran angsuran dengan pilihan jangka waktu 3,6,9,12, hingga 24 bulan untuk penggunaan kartu minimal Rp500 ribu, fitur Quick Pay yang memudahkan nasabah dalam melakukan pembayaran tagihan rutin bulanan seperti listrik, telpon,dan handphone, dan fitur Otopay yang memudahkan nasabah untuk melakukan pembayaran tagihan Syariah Gold Card secara otomatis.

Transaction Banking

CIMB Niaga Syariah juga terus melakukan pengembangan berbagai layanan untuk mendukung kemudahan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan (transaction banking).

Di antaranya adalah layanan manajemen kas (cash management) melalui BizChannel dan Virtual Account serta berbagai layanan pembiayaan perdagangan (trade finance).

’’Semua pengembangan ini kami lakukan untuk memenuhi dan mendukung kebutuhan nasabah, termasuk layanan payroll, e-tax payment dan edu payment,’’ katanya.

 Branchless Banking

CIMB Niaga Syariah juga sepenuhnya didukung oleh Branchless Banking CIMB Niaga antara lain ATM, Go Mobile (moble banking), CIMB Clicks (internet banking), Phone Banking 14041 dan 500 800, Self Service Terminal, dan Cash Deposit Machine.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Reni Suwarso

Karut-Marut Pemilu 2024, Akademisi UI: Demokrasi Indonesia Mundur Satu Generasi

DEPOK – Demokrasi di Indonesia dinilai mundur satu generasi akibat

Kajian BPK Soal Pembelian RS Sumber Waras, Belum Tegas?

JAKARTA-Kasus pembelian lahan tanah untuk Rumah Sakit (RS) Sumber Waras