CIMB Niaga Syariah Permudah Akses Bagi Nasabah

43

JAKARTA- CIMB Niaga Syariah terus berekspansi dengan mengembangkan jaringannya ke sejumlah lokasi di Tanah Air. Langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk mempermudah akses layanan perbankan Syariah bagi masyarakat, dan juga memperbesar skala bisnis Syariah. Hingga Maret 2013, jaringan layanan CIMB Niaga Syariah terdiri dari 29 Kantor Cabang Syariah (KCS), 1 Kantor Cabang Pembantu Syariah (KCSP), 554 Office Channeling/OC (layanan perbankan konvensional dan Syariah dalam satu atap), dan 95 outlet Rahn, yang tersebar di 18 provinsi di Tanah Air.

Direktur Commercial Banking & Syariah CIMB Niaga, Handoyo Soebali,  mengungkapkan, bertambahnya jumlah jaringan layanan CIMB Niaga Syariah itu menunjukkan masih besarnya potensi industri Syariah di Tanah Air. Untuk itu, CIMB Niaga Syariah akan terus memberikan sejumlah produk dan layanan Syariah unggulan kepada masyarakat, sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis Syariahnya.

Penerapan dual banking leverage model (DBLM), turut memperluas dan mempermudah akses masyarakat yang hendak melakukan transaksi perbankan Syariah CIMB Niaga. Melalui sistem ini, Handoyo melanjutkan, layanan kepada nasabah dapat lebih tersentralisasi sehingga menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien.

Handoyo menambahkan, melalui jaringan layanan CIMB Niaga Syariah, masyarakat bisa mengakses sejumlah produk pembiayaan unggulan. Tersedia produk pembiayaan kepemilikan rumah (PKR) CIMB Niaga Syariah dengan menggunakan akad murabahah (jual beli), Nasabah yang mengambil PKR CIMB Niaga Syariah dapat menikmati cicilan dan pokok tetap hingga maksimal 20 tahun dan bebas denda bila pelunasan dipercepat sebelum jatuh tempo. Selain produk PKR, CIMB Niaga Syariah juga menyediakan pembiayaan kepemilikan mobil (PKM) dengan cicilan dan pokok tetap maksimal 5 tahun.

Untuk memudahkan nasabah, khususnya dalam mempercepat proses persetujuan kredit, CIMB Niaga Syariah telah menerapkan proses automasi proses pembiayaan konsumer melalui SPEKTA Syariah (Syariah origination system).

Produk lainnya adalah gadai emas (Rahn). Gadai masih menjadi pilihan utama sebagian besar masyarakat, saat kebutuhan akan uang tunai datang secara mendesak. Dengan rate yang kompetitif, produk gadai emas masih menjadi salah satu produk unggulan CIMB Niaga Syariah.

Di segmen konsumer, produk unggulan CIMB Niaga Syariah lainnya adalah CIMB Niaga Syariah Gold Card. Ditujukan bagi masyarakat yang menginginkan satu produk pembiayaan yang bisa digunakan dalam bertransaksi dimanapun dan kapanpun dengan prinsip dan kaidah Syariah, CIMB Niaga Syariah Gold Card memiliki sejumlah keistimewaan. Salah satunya adalah bebas iuran tahunan seumur hidup bagi pemegang kartu utama dengan limit Rp3 juta hingga Rp100 juta.

Kemudian pembayaran cicilan melalui fitur Fix ‘N Easy dengan pilihan jangka waktu 3,6,9,12, hingga 24 bulan untuk penggunaan minimal Rp500 ribu, dan fitur Quick Pay yang memudahkan nasabah dalam melakukan pembayaran rutin bulanan seperti listrik, telpon, dan telpon seluler, serta fitur Otopay untuk melakukan pembayaran tagihan CIMB Niaga Syariah Gold Card secara otomatis.

Belum lama, CIMB Niaga telah mengenalkan inovasi terbaru layanan perbankan di Indonesia, yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi perbankan hanya dengan menggunakan nomor ponsel. Melalui “Rekening Ponsel”, nasabah maupun masyarakat yang belum menjadi nasabah bank bisa melakukan transfer dana gratis ke seluruh nomor ponsel di Indonesia, membeli pulsa ponsel prabayar, pembayaran tagihan, bahkan menarik tunai tanpa menggunakan kartu ATM.

Melalui “Rekening Ponsel”, penerima dana dapat menarik tunai hanya dengan mendaftarkan nomor ponselnya sekali saja di cabang CIMB Niaga terdekat, termasuk di kantor cabang Syariah. Setelah nomor ponsel didaftarkan, penerima dana dapat mengambil langsung dananya melalui ATM CIMB Niaga yang tersebar di sejumlah lokasi di Tanah Air, tanpa perlu menggunakan kartu ATM.

Nasabah juga bisa memanfaatkan layanan branchless banking. Melalui branchless banking, nasabah CIMB Niaga Syariah bisa melakukan transaksi perbankan kapanpun, dan dimanapun. Adapun layanan branchless banking CIMB Niaga adalah ATM, Go Mobile (moble banking), CIMB Clicks (internet banking), Phone Banking 14041 dan 500 800, Self Service Terminal (SST) dan Cash Deposit Machine (CDM). Layanan branchless banking ini merupakan yang terlengkap di perbankan Syariah di Indonesia.

Beragam produk dan layanan unggulan CIMB Niaga Syariah terbukti mampu mendukung pertumbuhan bisnis CIMB Niaga Syariah. Sebagai bagian dari jaringan perbankan universal terkemuka di Asia Tenggara, kerjasama strategis dengan CIMB Group turut menjadi faktor penunjang pertumbuhan yang pesat dari CIMB Niaga Syariah.

Terlihat dalam tiga tahun terakhir, CIMB Niaga Syariah berhasil mencatatkan pertumbuhan aset sebesar 186% menjadi Rp9,07 triliun per 31 Desember 2012, dari Rp3,17 triliun per 31 Desember 2010. Sejalan dengan peningkatan aset CIMB Niaga Syariah, pangsa pasar CIMB Niaga Syariah di industri perbankan syariah juga naik dari menjadi 4,65% per 31 Desember 2012 dari 3,30% per 31 Desember 2010.

Pertumbuhan juga dicatatkan dari sisi pembiayaan, yang naik 317% menjadi Rp7,63 triliun per 31 Desember 2012 dari posisi per 31 Desember 2010 yang sebesar Rp1,83 triliun. Sedangkan dana pihak ketiga (DPK) naik sebesar 183% menjadi Rp6,99 triliun per 31 Desember 2012 dari Rp2,47 triliun per 31 Desember 2010.