CIMB Niaga Syariah Salurkan Dana Kebajikan Rp2,6 M

Thursday 4 Jul 2013, 6 : 24 pm
by

JAKARTA-CIMB Niaga  melalui Unit Usaha Syariahnya (“CIMB Niaga Syariah”) menyalurkan kembali dana kebajikan (Qardhul Hasan) sebesar Rp2,6 miliar dengan nama program Unifying Spirit for Humanity melalui kemitraan dengan 18 Lembaga Kemanusiaan Amal dan Sosial, antara lain BAZNAS, LAZISNU, LAZISMU, dan Yayasan Dompet Dhuafa Republika. Dana kebajikan dan Corporate Social Responsibility (CSR) ini akan dipergunakan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat di berbagai lokasi di Indonesia oleh Lembaga Mitra yang bekerjasama dengan CIMB Niaga. Kriteria dari lembaga tersebut yaitu lembaga yang kredibel, reputable, berpengalaman, akuntabel, dan mempunyai program-program yang tepat sasaran ke pengguna langsung (masyarakat).

Direktur Commercial Banking & Syariah CIMB Niaga Handoyo Soebali, mengungkapkan, program Unifying Spirit for Humanity merupakan program kemitraan dalam penyaluran dana kebajikan dan CSR CIMB Niaga Syariah yang fokus kepada community development, baik dalam aspek pendidikan maupun ekonomi. Pemberian bantuan sendiri, berdasarkan program yang diajukan oleh masing-masing Lembaga Mitra Kemanusiaan Amal dan Sosial tersebut, termasuk antara lain, pemberian beasiswa, program kesehatan masyarakat, dan pelatihan kemandirian wirausaha.

Tahun 2013 ini, menjadi penyelenggaraan ketiga program Unifying Spirit for Humanity. Selama dua kali penyelenggaraan, kemitraan ini terus menunjukkan peningkatan yang positif, baik dari sisi jumlah Lembaga Mitra Kemanusiaan Amal dan Sosial yang digandeng maupun besarnya dana kebajikan yang disalurkan. “Dan yang terpenting adalah, program Unifying Spirit for Humanity mampu meningkatkan kemitraan dengan masyarakat serta memberikan dampak positif terhadap perkembangan ekonomi masyarakat sekitar,” kata Handoyo.  

Menurut Handoyo, dengan terus menambah jumlah Lembaga Mitra Kemanusiaan Amal dan Sosial, sasaran penyaluran dana kebajikan dan CSR ini akan semakin luas dan tepat sasaran. Tahun ini, lembaga yang baru bergabung antara lain Yayasan Lentera Hati, Yayasan Tazkia Cendekia, Badan Wakaf Al-Quran dan Palang Merah Indonesia (PMI). Khusus PMI, CIMB Niaga Syariah memberikan bantuan berupa satu unit kendaraan Donor Darah (UDD).  

Kemitraan dengan Lembaga Mitra Kemanusiaan Amal dan Sosial, hal ini menjadi bagian dari suatu transparansi CIMB Niaga Syariah dalam menyalurkan dana kebajikan secara terbuka, akuntabel, dan jelas pertanggung jawabannya.

Sumber dari dana kebajikan dan CSR yang disalurkan ini berasal dari nasabah dan mitra CIMB Niaga Syariah sebesar Rp2,1 miliar dan dari rekening CIMB Niaga Peduli sebesar Rp500 juta. Dengan semakin tumbuhnya CIMB Niaga Syariah maka semakin besar dana kebajikan yang disalurkan. Untuk itu, CIMB Niaga Syariah berterima kasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dan memberikan kepercayaan kepada CIMB Niaga Syariah untuk menyalurkan dana kebajikan kepada pihak yang tepat sasaran.

Selain Penyaluran Dana Kebajikan, pada kesempatan ini juga diselenggarakan kick off kerjasama Rekening Ponsel dengan Lembaga Mitra Kemanusiaan Amal dan Sosial. Masyarakat dapat menggunakan Rekening Ponsel untuk kegiatan amal, pembayaran infak, shodaqoh, iuran anggota, dan lain-lain. Selain itu, Rekening Ponsel juga dapat digunakan untuk sejumlah transaksi perbankan seperti transfer dana ke seluruh nomor ponsel yang disiapkan, untuk membeli pulsa ponsel prabayar, pembayaran tagihan, hingga penarikan tunai tanpa menggunakan kartu ATM di jaringan ATM CIMB Niaga.

Handoyo berharap Unifying Spirit for Humanity bisa terus berjalan setiap tahun, dan semakin banyak lagi jumlah Lembaga Mitra Kemanusiaan Amal dan Sosial yang bekerjasama dengan CIMB Niaga Syariah. “Melalui konsep seperti ini, masyarakat bisa lebih cepat dalam menerima bantuan, dan semakin banyak lagi program-program Lembaga Mitra Kemanusiaan Amal dan Sosial yang bisa dibantu oleh CIMB Niaga Syariah, sehingga dana yang dihimpun dari masyarakat dan nasabah memberi manfaat yang besar,” tutup Handoyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

GEGAMA Makin Kencang Ajak Santri Sosialisasikan Ganjar-Mahfud Jelang Pilpres 2024

JAKARTA-Pemilu 2024 semakin dekat dan hanya tinggal 2 bulan lagi.

Dorong Eksplorasi Migas, Data Hulu Migas Dibuka Lebar

JAKARTA-Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan membuka akses