Cuaca Ekstrim Diprediksi Hingga Akhir Januari 2019

Tuesday 22 Jan 2019, 5 : 52 pm

JAKARTA-Kondisi cuaca hingga akhir Januari 2019 diprediksi akan turun hujan. Oleh karena itu, masyarakat perlu mewaspadai kemungkinan hujan lebat dan potensi bencana hidrometeorologi di beberapa wilayah yang diprediksi berlangsung sejak Rabu (23/1/2019) hingga Sabtu (30/1/2019).

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R. Prabowo menjelaskan salah satu bibit siklon yang berada di Laut Timor berpotensi meningkat menjadi siklon tropis dalam tiga hari kedepan.

“Akibat peningkatan siklon tropis ini berpotensi cuaca ekstrem berupa angin kencang yang mencapai lebih dari 25 knot di Riau, Kep Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan,” ungkapnya

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dinamika atmosfer mendeteksi adanya aliran massa udara basah dari Samudera Hindia yang masuk ke wilayah Jawa, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara Barat hingga Nusa Tenggara Timur. Bersamaan dengan itu, monsun dingin Asia masih terpantau kuat diiringi hangatnya suhu muka laut yang menyebabkan tingkat penguapan dan pertumbuhan awan cukup tinggi.

Sejumlah wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga akhir pekan yakni Aceh, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Utara, Sulawaesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua.

Sedangkan potensi hujan lebat pada Minggu (27/1/2019) hingga Rabu (30/1) diperkirakan terjadi di Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Timur, kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

BMKG melalui Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) memonitor adanya bibit badai tropis di dekat wilayah Indonesia.

Don't Miss

DPR Janji Beri Hak Penggeledahan ke KPPU

JAKARTA-Komisi VI DPR berjanji melakukan revisi Undang-Undang Persaingan Usaha nomor

Vaksin Covid-19 Telah Teruji dan Minim Efek Samping

JAKARTA-Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima vaksin COVID-19 dosis kedua,