Dana Desa Meningkat Hingga Rp 90 Triliun di 2017

Monday 15 Feb 2016, 1 : 56 am
by
Menteri Desa PDTT Marwan Jafar meninjau pembangunan irigasi yang menggunakan dana desa dan berdialog dengan warga di Desa Tenrigangkae, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros

MAROS-Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla telah meneguhkan komitmennya menjadikan desa sebagai pondasi pembangunan nasional. Wujud keberpihakan pemerintah pun sudah terasa secara kongkrit. Salah satu bentuknya, alokasi anggaran dana desa yang direncanakan akan terus meningkat

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT), Marwan Jafar menjelaskan pada tahun ini jumlah dana desa mencapai Rp47 triliun, atau meningkat dari sebelumnya Rp20,7 triliun. Bahkan tahun 2017 rencananya akan dinaikkan lagi hingga Rp90 triliun. Demikian juga dengan jumlah desa sendiri berubah dari 74.093 menjadi 74.754 desa. “Ini akan digunakan sebagai basis penghitungan dana desa 2016,” jelas Marwan saat mengunjungi Desa Tenrigangkae, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros, Sumatera Selatan Sabtu (13/2).

Marwan mengaku ada perubahan besar di Desa Tenrigangkae ini. Desa yang tadinya sepi dan nyaris mati ini mulai melesat menjadi motor pembangunan. Jalan desa tengah dibangun memakai tenaga kerja masyarakat setempat. Adapun penduduk desa yang berprofesi sebagai petani mulai tersenyum karena sarana irigasi dan sanitasi pengairan juga tengah dibangun. “Penggunaan dana desa di Maros ini saya suka. Ini sudah sesuai karena fokus untuk membangun,” ujarnya.

Dia menjelaskan, semangat kerja masyarakat desa memang senafas dengan komitmen pemerintah untuk terus meningkatkan dana desa.

Untuk itu, mekanisme pembagian dan tahapan penyaluran dana desa juga terus dibenahi. Pertama dengan mempersingkat tahapan pencairan dana desa dari tiga tahap menjadi dua tahap. Hal ini akan memotong mata proses penyaluran sehingga dana desa bisa dipakai secara lebih cepat dan efektif.

Selain itu, Kementerian Desa juga terus mendorong agar postur penghitungan pembagian dana desa diubah. Selama ini, dana desa dibagikan ke desa-desa dengan proporsi 90% dibagi rata dan 10 persen dihitung berdasarkan tiga kriteria, yakni kepadatan penduduk, luas wilayah, kondisi geografis, angka kemiskinan. “Kami tengah memperjuangkan agar skema ini diubah. Penghitungan dengan empat kriteria itu porsinya harus dinaikkan paling tidak 40 persen dan dana desa dengan porsi dibagi rata 60%. Dengan begitu pembangunan desa-desa semakin sempurna dan semakin berkeadilan,” imbuhnya.

Pembenahan ini, jelasnya, akan diatur melalui revisi terhadap PP No.47/2015 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Desa dan juga PP No.22 /2015 Tentang Dana Desa yang Bersumber dari APBN. Ada tiga kementerian yang terlibat langsung dalam revisi ini, yakni Kementerian Desa, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Keuangan.

Mentri Marwan juga mengapresiasi progres pembangunan desa yang menunjukkan progres positif. Desa-desa di Maros misalnya, sudah terbangun secara merata. Selain menerima dana desa, juga ada alokasi dana desa (ADD) dari pemerintah kabupaten yang jumlahnya mencapai 600-900 juta per tahun. “Kalau ditotal, dana yang masuk ke desa-desa di kabupaten maros mencapai  lebih dari Rp1,6 miliar setahun. Makanya tidak ada alasan lagi, masyarakat desa di sini sudah harus sejahtera,” imbuhnya.

Agar efektifitas pembangunan desa semakin terkawal, Menteri Marwan mengghidupkan sistem kerja bersama dalam mengawal desa membangun. Ada tiga komponen yang digalang untuk berpartisipasi aktif membangun desa. Yakni dengan membentuk Pokja Dana Desa, Forum Perguruan Tinggi, dan Pokja Masyarakat Sipil.

Pokja Dana Desa, lanjut Marwan dibentuk untuk mengawal efektifitas dana desa bagi masyarakat. “Pokja ini diketuai Pak Kacung Maridjan dengan anggota orang-orang hebat semua,” imbuhnya.

Adapun Forum Perguruan Tinggi juga menjadi kelompok intelektual. Sudah ada 50 perguruan tinggi se-Indonesia yang terhimpun, dengan harapan agar orang-orang hebat di Universitas tidak sekedar membuat penelitian yang hasilnya tak aplikatif dan tak berguna. “Mari kita gunakan buah pemikiran itu untuk masyarakat, untuk daerah tertinggal, dan pulau terluar,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BOP Labuan Bajo

Menpar Minta BOP Labuan Bajo Percepat Pengembangan Pariwisata

LABUAN BAJO-Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meminta agar Badan Otorita

Didi Kempot Meninggal, PWKI Kehilangan Sosok Pahlawan Bangsa

JAKARTA-Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI) sangat kehilangan dengan berpulangnya penyanyi