Dana Masuk Rp600 M Bukti Asing Masih Percaya RI

Dana Masuk Rp600 M Bukti Asing Masih Percaya RI

0
BERBAGI
photo ilustrasi

JAKARTA-Pasca keputusan Inggris keluar dari Uni Eropa (Brexit) ternyata bukan hanya dampak negatif yang ada, justru dampak positif juga dirasakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Setidaknya dana asing yang masuk cukup besar, yaitu sekitar Rp 600 miliar atau tepatnya Rp 587,8 miliar. “Prinsipnya, positif buying asing ini bagus. Artinya, mereka masih percaya dengan Indonesia lebih baik dari negara lain,” kata Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio di Jakarta, Senin (27/6/2016).

Terjadinya penurunan ISHG, kata Tito, juga dipengaruhi oleh perusahaan lokal. “Saya harus katakan ini bukan hanya jumlahnya saja, tetapi perusahaan yang besar-besar turunnya karena lokal banyak jual,” ujarnya

Yang menarik, kata Tito, IHSG kemarin turun tidak terlalu besar hanya 0,8%. Tapi asing masih positif buying (beli) Rp 600 miliar. “Foreign malah beli terus, ini yang menarik,” tegasnya.

Hal ini menurutnya bukan tanpa alasan. Giatnya pembangunan yang dilakukan Pemerintah di mana sebagian sudah menunjukkan realisasi nyata, menjadi magnet tersendiri bagi Investor asing untuk menempatkan dananya di pasar modal Indonesia.

Diharapkan, dengan kondisi ini, investor dalam negeri juga lebih percaya diri menempatkan dananya di dalam negeri dan tak cepat terpengaruh isu global. Dengan demikian pasar modal Indonesia diharapkan lebih kuat lagi.