Dari Arafah, Menag Sampaikan Pesan Untuk Merawat Persaudaraan

Thursday 31 Aug 2017, 9 : 09 pm
by
Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin

ARAFAH-Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan pesan tentang pentingnya merawat persaudaraan sesama anak bangsa.

Karenanya, setajam apapun perbedaan di antara anak bangsa, jangan sampai mengoyak sisi kemanusiaan karena sudah diikat persaudaraan sesama manusia.

“Haji adalah Arafah. Inilah tempat kita untuk berhenti sejenak dari seluruh aktivitas keduniawian untuk melakukan instrospeksi diri untuk lebih mengenali diri,” ujar Menag Lukman dalam sambutannya disela-sela menunaikan Wukuf 1438H/2017M di Arafah seperti dikutip dari laman kemenag.go.id, Kamis (31/8).

“Hari ini kita hadir di tempat yang mulia, dan saat yang istimewa. Inilah Arafah. Puncak dari ibadah yang sedang kita lakukan. Banyak ulama mengatakan, di Arafah inilah puncak dari kesadaran setiap umat manusia untuk mengenali siapa dirinya. Karenanya, dia mengenali siapa Tuhannya,” ujarnya.

Menag melanjutkan, Rasulullah berpesan kepada umatnya untuk merawat persaudaraan. “Janganlah sesama kita saling menumpahkan darah, saling merampas harta sesama. Harapannya sesama manusia saling memberikan perdamaian,” ucapnya.

Menurutnya, persaudaraan adalah sesuatu yang mendasar yang oleh Rasulullah dijadikan indikator kemabruran.

Ketika Rasulullah ditanya soal tanda kemabruran? Rasul menjawab: memberi makan kepada sesama dan menebarkan salam.

“Makan adalah kebutuhan mendasar, dan memberi makan kepada sesama adalah salah satu simbol kepedulian sosial,” ucapnya.

Menag menyampaikan, bahwa menebarkan kedamain itu itu esensi ajaran Islam. Menjadi tugas muslim untuk senantiasa mewujudkannya di lingkungan masing-masing.

“Saya mengajak kita semua untuk mendoakan, selain untuk diri, juga unik seluruh jemaah haji agar mereka bisa melaksanakan seluruh manasik haji dan mencapai kemabruran,” ajaknya.

Menag berharap, dengan haji mabrur, kepekaan sosial di kalangan umat manusia semakin meningkat.

Dan dengan kemabruran sekitar 3 juta jemaah, mereka mampu menjadi duta perdamaian dalam ikut membangun peradaban dunia.

Doa dari seluruh tamu Allah untuk mendoakan saudara kita yang di Tanah Air dan di manapun di bumi ini untuk mampu meningkatkan kesejahteraan, kepedulian sosial, dan mampu menjaga persaudaraan sesama manusia

“Mudah-mudahan Arafah membawa kita semua pada kesadaran ini dan membawa kita untuk mampu mewujudkannya di lingkungan kita masing-masing,” ucapnya.

 

Sumber: kemenag.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

OJK Dukung Program Global Anti-Serangan Siber

WASHINGTON DC-Ketua Dewan Komisioner Otoeitas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menyatakan risiko serangan

Dipicu Data Ekonomi AS, Bursa Saham Wall Street Melemah

JAKARTA-Bursa Saham Wall Street rontok pada penutupan perdagangan Rabu (6/9/2023)