Darmadi: Jokowi Gunakan Konsep Dynamic Governance

Monday 15 Jul 2019, 4 : 15 pm
PDIP Darmadi Durianto

JAKARTA-Politikus PDI Perjuangan Darmadi Durianto mengapresiasi pidato politik kemenangan Jokowi yang akan memprioritaskan program-program kebijakan yang sesuai dengan kondisi faktual saat ini. Baik kondisi secara global maupun nasional. Isi pidatonya menggambarkan bahwa Jokowi adalah Presiden yang memiliki Visioner.

Namun demikian, lanjut dia, perlu ada formulasi yang tepat terkait berbagai kebijakan dalam menghadapi tantangan zaman yang makin dinamis.

“Saya mengapresiasi isi pidato kemenangan Pak Jokowi, sangat visoner. Saya lihat Presiden Jokowi menggunakan konsep dynamic governance dalam menyusun berbagai kebijakannya,” ujar Bendahara Megawati Institute itu kepada wartawan di Jakarta, Senin (15/07/2019).

Dijelaskannya, Dynamic governance adalah sebuah konsep yang menekankan bagaimana bekerjanya berbagai kebijakan, institusi dan struktur yang telah disusun.

“Agar mampu beradaptasi dengan kondisi ketidakpastian dan perubahan sehingga dapat tetap relevan dan efektif untuk mencapai tujuan jangka menengah dan panjang,” kata Legislator dari Dapil DKI Jakarta III itu.

Agar konsep tersebut terimplementasi dengan baik, saran dia lagi, setidaknya pemerintah mesti melakukan beberap hal. “Pertama, pemerintah mesti menempuh jalur pembangunan adaptif (adaptive path). Kedua, pemerintah mesti mengedepankan pola-pola kebijakan yang bersifat adaptif (adaptive policy). Dua hal tersebut menjadi prasyarat penting agar pemerintahan berjalan efektif ditengah tantangan dan perubahan zaman yang sangat dinamis ini,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Dalam pidato politik kemenangannya yang digelar di Sentul City Bogor Jawa Barat, Minggu (14/07/2019) Jokowi akan memprioritaskan sejumlah kebijakan dalam periode kedua kepemimpinanannya seperti program pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), mengubah mindset birokrasi, melanjutkan program infrastruktur dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Catat! Rekomendasi Pilkada Tangsel Tergantung Megawati

TANGERANG-Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Tangsel, menegaskan calon kepala daerah

Masalah Asap Bisa Ganggu Perekonomian Nasional

JAKARTA-Ketua Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Parlindungan Purba menilai