Defisit Transaksi Berjalan Turun, Ketahanan Eksternal Terkendali

Wednesday 16 May 2018, 12 : 36 am
by
Ilustrasi

JAKARTA-Defisit transaksi berjalan triwulan I 2018 menurun sehingga menopang ketahanan sektor eksternal perekonomian Indonesia. Defisit transaksi berjalan tercatat USD5,5 miliar (2,1% PDB) pada triwulan I 2018, lebih rendah dari defisit pada triwulan sebelumnya yang mencapai USD6,0 miliar (2,3% PDB).

“Penurunan defisit transaksi berjalan terutama dipengaruhi oleh penurunan defisit neraca jasa dan peningkatan surplus neraca pendapatan sekunder,” ujar Direktur Departemen Komunikasi BI, Arbonas Hutabarat

Menurutnya, penurunan defisit neraca jasa terutama dipengaruhi kenaikan surplus jasa perjalanan (travel) seiring naiknya jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan menurunnya impor jasa pengangkutan (freight).

Peningkatan surplus neraca pendapatan sekunder sejalan dengan naiknya penerimaan remitansi dari pekerja migran Indonesia. Sementara itu, surplus neraca perdagangan nonmigas menurun terutama dipengaruhi penurunan ekspor nonmigas.

“Impor nonmigas juga menurun meski lebih terbatas, dengan impor barang modal dan bahan baku masih berada pada level yang tinggi sejalan dengan kegiatan produksi dan investasi yang terus meningkat,” ulasnya.

Dia menjelaskan, transaksi modal dan finansial triwulan I 2018 tetap mencatat surplus di tengah tingginya ketidakpastian di pasar keuangan global. Surplus transaksi modal dan finansial pada triwulan I 2018 tercatat USD1,9 miliar, terutama ditopang oleh aliran masuk investasi langsung yang masih cukup tinggi.

Hal ini mencerminkan tetap positifnya persepsi investor terhadap prospek perekonomian Indonesia.
Namun demikian, surplus transaksi modal dan finansial triwulan I 2018 tercatat lebih rendah dibandingkan dengan surplus pada triwulan sebelumnya.

“Penurunan surplus tidak terlepas dari dampak peningkatan ketidakpastian di pasar keuangan global yang kemudian mengakibatkan penyesuaian penempatan dana asing di pasar saham dan pasar surat utang pemerintah,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Keluarkan Jurus OVOP, Kemenperin Cetak IKM Khas Lokal Berkelas Global

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus melakukan pembinaan Industri Kecil dan Menengah

Jubir: Konfirmasi Positif Covid-19 Total Jadi 27 Kasus di Indonesia

JAKARTA-Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Korona (Covid-19), Achmad Yurianto,