Defisit Transaksi Berjalan Turun, Ketahanan Eksternal Terkendali

Wednesday 16 May 2018, 12 : 36 am
by
Ilustrasi

Penurunan surplus juga lanjutnya juga dipengaruhi oleh komponen investasi lainnya yang tercatat defisit, terutama dipengaruhi naiknya penempatan simpanan sektor swasta pada bank di luar negeri.
Secara keseluruhan tuturnya, Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) pada triwulan I 2018 mencatat defisit seiring dengan menurunnya surplus transaksi modal dan finansial.

Defisit NPI pada triwulan I 2018 tercatat USD3,9 miliar. Dengan perkembangan NPI tersebut, posisi cadangan devisa pada akhir Maret 2018 tercatat sebesar USD126,0 miliar.

Jumlah cadangan devisa ini setara dengan pembiayaan 7,7 bulan impor dan utang luar negeri pemerintah serta berada di atas standar kecukupan internasional.

“Ke depan, NPI diprakirakan tetap baik sehingga dapat terus menopang ketahanan sektor eksternal. BI akan terus mencermati perkembangan global yang dapat memengaruhi prospek NPI, antara lain peningkatan ketidakpastian pasar keuangan global, kecenderungan penerapan inward-oriented trade policy di sejumlah negara, dan kenaikan harga minyak dunia,” jelasnya.

BI tuturnya terus menempuh bauran kebijakan moneter dan makroprudensial, serta memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah khususnya dalam mendorong kelanjutan reformasi struktural, sehingga ketahanan sektor eksternal Indonesia tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

MRP: Pilkada Kota Jayapura Harus Diikuti Dua Pasang Calon

JAKARTA-Majelis Rakyat Papua (MRP) mendatangi Komisi II DPR RI untuk

Pemerintah Cabut Ribuan Izin Usaha Tambang, Kehutanan, dan HGU Perkebunan

BOGOR-Pemerintah terus memperbaiki tata kelola sumber daya alam agar ada