Di DPR, Mentan Syahrul Tegaskan Pertanian Harus Lebih Maju

Tuesday 5 Nov 2019, 3 : 55 pm
by

JAKARTA-Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menegaskan masalah pertanian sangat penting, mendasar dan kompeks sehingga harus dipikirkan secara bersama. Apalagi, pembangunan pertanian menjadi suatu keharusan karena menyangkut daya tahan negara.

“Pembanguan pertanian ini harus lebih maju tidak boleh stuck (macet), pertanian harus makin mandiri. Ada tantangan baru yang harus kita jawab dari masa ke masa dan era ini dengan teknologi,” ujar Syahrul dalam Rapat Kerja (Raker) perdana dengan Komisi IV DPR RI, di Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Menurutnya, pembangunan pertanian yang semakin maju menjadi suatu keharusan karena menyangkut daya tahan negara. Hal ini hanya bisa diwujudkan kalau mampu meningkatkan daya tahan pertanian.

Sebab, daya ketahanan pangan menjadi ukuran hadirnya sebuah negara.

“Kalau perut rakyat bersoal, maka tidak ada sesuatu yang bisa kita lakukan. Oleh karena itu masalah pertanian tidak boleh diam, tidak boleh lengah sedikit untuk menghadirkan upaya-upaya maksimal untuk mencapai harapan itu. Sebab salah satu hal yang penting dalam pertanian menjamin rakyat kebutuhan pangan rakyat sebanyak 267 juta orang,” jelasnya.

Syahrul menegaskan dalam membangun pertanian yang semakin maju sangat diperlukan sinergitas antar Kementan dengan Komisi IV DPR RI dan peranan lainnya baik piranti suprastruktur pemerintahan dan negara maupun infrastruktur yang ada dalam kehidupan masyarakat.

Oleh karena itu, membangun pertanian adalah sebuah gerakan bukan hanya program, sehingga harus melibatkan semua pihak dan yang paling penting adalah adanya kesehatian dan kemauan bersama khususnya Komisi IV untuk menjaga fungsi, peranan dan tanggung jawab.

“Saya siap kerja pimpinan seperti yang saya lewati. Saya tidak akan sia-siakan kesempatan yang diberikan sama saya. Masalah pertanian adalah masalah yang bukan menjadi program pemerintah saja, tapi harus menjadi masalah yang dipertanggungjawabkan semua,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Sejumlah Pengurus PK Golkar Kecam Pernyataan Ikhsan

BEKASI-Sejumlah Pengurus Partai Kecamatan Partai Golkar mengecam pernyataan Wakil Ketua

Kementerian PUPR Bangun Jalan 8 KM Ke Pelabuhan Patimban

JAKARTA- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat