Di Serpong, Cicilan Rusun Murah Hanya Rp1,1 juta Perbulan

Thursday 27 Apr 2017, 5 : 43 pm
setkab.go.id

JAKARTA-Sebelum Anies Sandiaga  resmi memimpin DKI Jakarta dengan wacana membangun rumah murah dengan Down Payment (DP) 0%. Justru pemerintahan Jokowi sudah mewujudkannya, jadi bujan wacana lagi. “DP hanya 1%. Cicilan satu bulan Rp 1,12 juta,” kata Presiden Joko Widodo di  Tangerang Selatan, Kamis (27/4/2017).

Menurut Kepala Negara,  rumah yang disediakan akan ditawarkan dengan harga yang terjangkau dan cicilan bulanan yang juga ringan. “Ini rusunami yang nanti akan diperuntukkan untuk pekerja. Harganya kurang lebih Rp 293 juta,” tambahnya

Rendahnya biaya uang muka dan cicilan bulanan tersebut dimungkinkan berkat program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang masuk dalam program sejuta rumah.

Dalam program FLPP, penerima program akan mendapat manfaat dari mulai DP rendah hanya 1% dan subsidi bunga KPR hingga yang harus ditanggung hanya sebesar 5%. Hunian yang akan diterima oleh pekerja, sambung Jokowi, juga akan memiliki ukuran yang layak. “Tipenya 30,” terang Jokowi lagi

Sementara itu  Presiden Komisaris PT PP  Andi Gani menjelaskan, proyek rusunami yang akan diberi nama Loftvilles Serpong ini bakal dibangun di atas lahan 8,2 hektar yang terdiri dari 11 tower.

Sembilan tower di antaraya terdiri 6.000 unit khusus untuk buruh yang mendapatkan subsidi pemerintah dan dua tower lainnya merupakan perumahan komersil non subsidi.

Luas bangunannya tiap rumah adalah 32 m yang terdiri dari dua kamar tidur, satu kamar mandi, dapur dan ruang keluarga. “Rusunami ini dilengkapi fasilitas penitipan anak para buruh, playground, playgroup, ruang publik serta fasilitas penunjang lainnya,” jelas Andi.

Menurut Andi, Loftvilles Serpong merupakan Rusunami pertama yang berlokasi strategis. Hanya 1,5 kilometer dari pintu gerbang BSD dan 1,5 kilometer dari Stasiun Kereta Api Sudimara. Hal ini berbeda dengan rumah susun murah lainnya selama ini yang berlokasi di pinggir kota.

Dengan fasilitas dan lokasi yang strategis, Andi mengatakan harga Rusunami ini sangat terjangkau buruh, yakni Rp 250 juta per unit. Untuk memastikan tepat sasaran kepada buruh, penjualan unitnya bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dan beberapa bank pemerintah. “Kalau bukan peserta BPJS Ketenagakerjaan, tidak bisa memiliki unit di Loftvilles Serpong, kecuali di dua tower yang komersil,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BI

Triwulan IV 2019: Kegiatan Dunia Usaha Tetap Tumbuh Positif

JAKARTA-Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) mengindikasikan ekspansi kegiatan dunia

Darmadi: Industri Otomotif Lokal Harus Diproteksi

JAKARTA-Keberadaan industri otomotif, baik mobil maupun motor di Indonesia sama