Dihadiri 100 Orang Pengusaha, Pemerintah Sosialisasi Tax Amnesty di London

Dihadiri 100 Orang Pengusaha, Pemerintah Sosialisasi Tax Amnesty di London

44
0
BERBAGI

JAKARTA-Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bekerjasama dengan Kementerian BUMN, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) kembali melakukan sosialisasi Amnesti Pajak kepada Warga Negara Indonesia yang bermukim di luar negeri. Sosialisasi tax amnesty pajak di luar negeri ini dilakukan untuk kesekian kalinya setelah sebelumnya dilakukan di Singapuran dan Hongkong.

Kegiatan sosialisasi di London ini dikemas dalam acara ‘Indonesia Business Outlook’  yang digelar di Millenium Hotels and Resorts London.

Acara ini dihadiri oleh sekitar 100 orang Pengusaha dan Masyarakat Indonesia di London dan sekitarnya.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Muliaman D. Hadad dalam sambutannya menyampaikan optimismenya tentang perkembangan perekonomian Indonesia.

Data ekonomi menyebutkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih baik dibandingkan dengan emerging markets sekitarnya. “Program Amnesti Pajak yang digulirkan pemerintah untuk menarik investasi di Indonesia waktunya sangatlah tepat,” ujarnya.

Muliaman juga menyampaikan bahwa progam Amnesti Pajak adalah awal terbangunnya kebijakan perpajakan yang lebih sehat di Indonesia. Pemerintah akan melakukan perombakan menyeluruh dan menjadikan Indonesia negara yang lebih menarik di masa yang akan datang.

Muliaman menjelaskan, industri keuangan di Indonesia mendukung penuh program amnesti pajak ini. Hal ini terlihat dari banyaknya bank yang berperan sebagai penampung dana program pengampunan pajak (gateway). “Saya yakin, industri keuangan nasional bisa menjadi partner pengusaha untuk memanfaatkan peluang investasi yang ada di Indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Himbara, Susi Liestiowaty menyampaikan dukungan penuh Himbara untuk menyukseskan program Amnesti Pajak yang sedang berlangsung dan akan berakhir pada tanggal 31 Maret 2017. Himbara yang beranggotakan Bank BNI, BRI, Mandiri dan BTN dinyatakan siap menjadi mitra strategis baik untuk penyetoran uang tebusan maupun untuk repatriasi dana dan investasi di Indonesia.

Duta Besar Repubik Indonesia untuk Inggris dan Irlandia, Rizal Sukma juga hadir dalam acara tersebut dan mengajak seluruh peserta untuk memanfaatkan amnesti pajak dengan sebaik-baiknya dan ikut berperan serta dalam upaya mewujudkan apa yang sudah ditargetkan oleh pemerintah untuk pembangunan infrastruktur, peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan Sumber Daya Manusia melalui program Amnesti Pajak.

Sebagai bentuk dukungan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat di London dan sekitarnya untuk memanfaatkan Amnesti Pajak, KBRI di London membuka layanan perpajakan yang meliputi layanan e-registration untuk memperoleh NPWP, e-filing untuk pelaporan SPT Tahunan PPh, dan penerimaan surat pernyataan dan konsultasi Amnesti Pajak.

Di samping layanan tersebut, KBRI di London juga membuka layanan konsultasi melalui telepon di nomor +447455819489 dan juga melayani konsultasi melalui surat elektronik (email) di alamat amnestipajak.london@indonesianembassy.org.uk.