Dinilai Tendensius, Kuasa Hukum Keberataan Berita di Berita Moneter

Friday 5 Feb 2016, 4 : 07 pm
by
Ilustrasi

JAKARTA-Kuasa hukum Direktur PT Sentosa Laju Energi (ELS), Tan Paulin, Tomi Haryo Putro, SH sangat keberataan dengan berita yang dimuat media online beritamoneter.com yang menuduh kliennya sebagai seorang penipu tanpa bukti yang jelas.

Berita tersebut sangat tendensius yang merusak nama baik dan reputasi kliennya sebagai pengusaha.

Keberataan ini disampaikan Tomi Haryo Putra lewat Hak Jawab yang dikirim ke redaksi beritamoneter.com, Jumat (5/2).

“Klien kami sangat keberataan dengan adanya pemberitaan tersebut tanpa melakukan konfirmasi kepada klien kamu untuk melengkapi pemberitaan tersebut agar berita seimbang dan akurat sehingga dapat memenuhi ketentuan pasal 1 Kode Etik Jurnalistik (KEJ),” jelas Tomi.

Tomi menilai pemberitaan terkait kliennya sangat tidak berimbang karena mencampuradukan fakta dan opini yang menghakimi kliennya.

Selain itu, berita tersebut juga tidak menerapkan asas praduga tak bersalah.

“Bahwa dalam pemberitaan disebutkan Belakangan terkuak, H Abidinsyah, Donny Sugiarto Lauwani dan Tan Paulin merupakan tiga serangkai jaringan mafia tambang jelas tidak benar,” terangnya.

Karena pada faktanya ujar Tomi, kasus penipuan dan penggelapan yang sedang menjerat Abidinsyah dan Dony Sugiarto Lauwani tidak ada hubungan dengan kliennya.

Bahkan Dony Sugiarto Lawwani adalah patner binis Eunike Lenny Silas sebagaimana tertuang pada akta pendirian Perusahaan PT Energy Lestari Sentosa yang dibuat dihadapankan Notaris Grace Parulian Hutagalung pada 27 Juni 2011.

Dalam akta tersebut jelas Tomi, terlihat komposisi saham PT Energi Lestari Sentosa sebagai berikut Eunike Lenny Silas sebesar 170 lembar saham dari total 500, Donny Sugiarto Lauwani 165 lembar saham dari total 500 dan Usman Wibisono sebesar 165 lembar saham dari total 500.

Adapun struktur jabatan berdasarkan akta tersebut yakni Usman Wibisono sebagai Direktur, Eunike Lenny Silas sebagai Komisaris Utama dan Donny Sugiarto Lauwani sebagai Komisaris.

“Dengan demikian terbukti bahwa dalam kerjasama yang dipermasalahkan tersebut tidak ada kaitannya dengan klien kami,” jelasnya.

Selain itu, Eunike Lenny Silas bersama Donny Sugiarto Lauwani juga bersama-sama mendirikan perusahaan lain yaitu PT Els New Resources sebagaimana tertuang dalam akta pendiriaan perusahaan PT Els New Resources yang dibuat dihadapan Notaris Grace Parulian Hutagalung pada 28 Oktober 2011.

“Adapun komposisi sahamnya di PT Els New Resources ini adalah Eunike Lenny Silas sebesar 200 lembar saham dari total 500 (Komisaris Utama), Usman Wibisono sebesar 150 lembar saham dari total 500 (Direktur) dan Donny Sugiarto Lauwani sebesar 150 lembar saham dari total 500 (Komisaris),” jelasnya.

Lebih lanjut, Tomi juga keberataan dengan pemberitaan yang menyebut kliennya actor intelektual penipuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Laba Bersih ACES di 2021 Merosot Jadi Rp704,38 Miliar

JAKARTA- PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) sepanjang 2021 mengalami

Ganjar Utamakan Pendekatan Dialogis Selesaikan Kasus Pelanggaran HAM di Papua

JAKARTA-Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo mengutamakan pendekatan dialogis