Dipertanyakan Kenaikkan Anggaran Proyek Cleaning Service DPR

42
jpnn.com

JAKARTA-Masyarakat mempertanyakan kenaikkan anggaran pada sejumlah proyek di DPR. Salah satunya yang dicurigai antara lain proyek cleaning service. Seperti diketahui proyek cleaning service dibagi menjadi empat zona, yakni zona A, B, C dan D.

Berdasarkan kajian Center for Budget Analisis (CBA), anggaran cleaning service 2016 untuk zona B dan zona C sebesar Rp21.083.304.000.  Sedangkan pada  2017 menjadi sebesar Rp 28,970,494,000. Artinya terjadi peningkatan anggaran sebesar Rp7.887.190.000. “Yang menjadi pertanyaan, proyek ini  dikerjakan oleh perusahaan yang  zonanya sama dan tidak bertambah. Kalau ada, peningkatan anggaran, mestinya zonanya bertambah,” kata Koordinator Investigasi Center for Budget Analysis (CBA) Jajang Nurjaman dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (24/1/2017).

Menurut Jajang, peningkatan anggaran proyek ini dinilai tidak efisien dan bahkan terkesan  menghamburkan uang rakyat. Artinya, naiknya anggara sebesar Rp7.887.190.000 dinilai cukup besar dan terkesan pemborosan. “Dari temuan di atas semakin membuka mata publik  soal lembaga DPR. Selain tidak produktif dalam kinerjanya ternyata DPR juga hobi  menaikan anggaran untuk proyek seperti cleaning service yang terkesan tidak masuk akal sehat,” tambahnya.

Oleh karena itu, lanjut Jajang, pihaknya mendoring KPK segera mencermati proyek-proyek di DPR. “Panggil para pekerja cleaning service, tanya gaji dan tunjangannya berapa perbulan dan pertahun. Kemungkinan tidak sepadan antara anggaran total proyek cleaning service dengan gaji dan tunjangan yang mereka terima,” imbuhnya. ***