Distribusi Dana Desa Difokuskan Untuk Padat Karya

Friday 17 Nov 2017, 5 : 15 pm

JAKARTA-Pendistribusian dana desa pada 2018 akan menggunakan pola baru. Yaitu alokasi dana akan difokuskan pada sektor padat karya. “Dengan adanya dana desa, kita harapkan perputaran uang yang ada di bawah menjadi lebih banyak,” kata Presiden Joko Widodo pada Sarasehan Nasional yang digelar Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mengambil tema ‘Mewujudkan Kewajiban Konstitusional DPD RI’ di Gedung Nusantara IV Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (17/11/2017).

Saat dimulainya program alokasi dana desa tiga tahun lalu, pemerintah mengucurkan anggaran untuk desa sebesar Rp20 triliun bagi program dana desa. Kemudian setahun setelahnya meningkat menjadi Rp47 triliun dan kembali meningkat lagi menjadi Rp60 triliun.  “Memang saat itu kita arahkan untuk infrastruktur kecil-kecil yang ada di desa agar produk-produk di desa bisa dibawa ke kota dengan cepat sehingga bisa menopang ekonomi di desa,” tambahnya.

Namun, sambung Kepala Negara, sepanjang tiga tahun tersebut, pemerintah melakukan evaluasi terkait pemanfaatan dana desa tersebut. Salah satunya ditemukan dana yang masuk ke desa itu belum sepenuhnya dapat dirasakan oleh masyarakat di daerah.
“Oleh sebab itu tahun depan kita akan memulai untuk membangun padat karya,” ucapnya lagi.

Artinya, sambung mantan Gubernur DKI Jakarta, dana desa di Kementerian PU, Perhubungan, KKP, akan disiapkan skema-skema padat karya sehingga rakyat bisa bekerja di sana dibayar harian atau maksimal mingguan. “Kita harapkan peredaran uang akan semakin merata dan uang yang diberikan kepada rakyat semakin hari semakin banyak,” ujarnya.

Pada sarasehan tersebut, Kepala Negara mengharapkan dukungan DPD RI selalu lembaga perwakilan rakyat yang fokus mengakomodasi kepeningan rakyat di daerah.

Presiden Jokowi juga meyakini para anggota DPD juga memiliki amanat konstitusional untuk memperjuangkan kesejahteraan daerah. “Ini mestinya DPD ikut memberikan dukungan karena ini juga perjuangan DPD dalam mewujudkan kewajiban konstitusional DPD,” tegas Presiden Jokowi. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BSI dan YBSMU Siap Cetak Sharia Young Leader 

JAKARTA-PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) bersama Yayasan Bangun Sejahtera

Survei BI: Penjualan Eceran Februari 2020 Turun

JAKARTA-Hasil Survei Penjualan Eceran mengindikasikan penurunan penjualan eceran pada Februari