DJP Tingkatkan Kesadaran Bayar Pajak Lewat Spectaxcular 2019

9
Menteri Keuangan Sri Mulyani pada pembukaan acara Diklatda HIPMI JAYA pada Rabu,(27/02) di Hotel Ritz-Carlton SCBD, Jakarta.

JAKARTA-Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi seluruh jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) di Indonesia yang serentak mengadakan Spectaxcular 2019 untuk memenuhi tugas konstitusi dalam mengingatkan, mengkomunikasikan, mendidik serta memotivasi seluruh masyarakat Indonesia agar sadar membayar pajak.

“Semua jajaran pajak tetap semangat bekerja, kalian hebat, dan saya salut kepada kalian. Tahun ini kita juga akan mengumpulkan angka yang untuk pajak saja merupakan angka yang cukup signifikan, jadi kita semuanya akan melakukan dengan pelayanan yang sebaik-baiknya. Saya sangat berterimakasih di DJP semenjak 2012 sudah mulai melakukan inisiatif untuk menggunakan e-filing dan bahkan e-billing untuk membayarnya, jadi bahkan tidak perlu datang ke kantor pajak,” pujinya pada acara Spectaxcular 2019 di kawasan Car Free Day Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta pada Minggu, (03/03).

Menurut data, jumlah Wajib Pajak (WP) yang membayar pajak melalui e-filing mencapai 80%. Bahkan sampai akhir bulan Februari yang lebih dari 3 juta WP sudah 90% yang menggunakan e-filing.

“Total tahun lalu yang menyerahkan SPT hanya 12,5 juta, tingkat kepatuhannya meningkat hingga mencapai 72% itu adalah trend yang baik, saya ingin DJP untuk terus menerus melakukan kampanye, memahami bahwa Republik Indonesia ini milik kita sendiri, mau kita bangun menjadi lebih baik,” jelas Menkeu.

Menkeu mengatakan, untuk masyarakat yang belum paham pajak, DJP akan memberikan penjelasan, sedangkan untuk masyarakat yang sudah memahami dan sudah membayar tapi kecewa selama ini dengan pelayanan, DJP berjanji untuk memperbaiki pelayanan. Begitu juga dengan masyarakat yang sudah membayar dan kecewa karena ada korupsi, Menkeu mengatakan tidak akan mentolerir korupsi di DJP.