DK KPI Putuskan Azimah Subagijo Langgar Etika

Wednesday 27 Jul 2016, 2 : 49 pm
kompas.com

JAKARTA-Ketua Dewan Kehormatan Komisi Penyiaran Indonesia (DK-KPI) Supiadin mengakui sudah mengambil keputusan terkait laporan dugaan pelanggaran etika oleh salah seorang anggota KPI, Azimah Subagijo. Keputusan tersebut sudah diserahkan kepada KPI yang seharusnya menginformasikan kepada masyarakat. “Sudah kami serahkan keputusan tersebut. Jadi ditanyakan saja kenapa mereka belum mengumumkan meski hari ini, masa jabatan mereka berakhir,” katanya di Jakarta, Rabu (27/7).

Dewan Kehormatan sendiri memandang perlu diambilnya keputusan perihal pelanggaran yang dilakukan oleh Azimah Subagijo meski Dewan Kehormatan menyadari bahwa masa tugas anggota KPI lama telah berakhir. ”Kami tetap perlu mengambil keputusan sebagai pembelajaran, apa yang telah dilakukan Azimah tidak boleh lagi terulang dimasa datang. Sehingga anggota-anggota KPI yang baru tidak melakukan pelanggaran yang sama,” tambah anggota Komisi I DPR.

Ke depan, sebagai Ketua Dewan Kehormatan meski ad hoc dan sebagai anggota Komisi I, Supiadin mengharapkan anggota KPI dapat bekerja profesional, proporsional dan independen. “Kita berharap anggota baru bisa menjalankan tugasnya mengawasi siaran televisi agar berkualitas khususnya dalam siaran yang terkait gerenasi muda dan bisa menilai secara proporsional, profesional dan independen dalam mengambil setiap keputusan,” tegasnya.

Disisi lain Supiadin mengingatkan kembali hasil penelitian dari psikolog anak, bahwa 60% film anak-anak tidak mendidik sehingga anak-anak akhirya terpaska menonton film seperti itu. Acara televisi pun akhirnya hanya menjadi tontoan dan tidak bisa menjadi tuntunan,” tandasnya.

Sebelumnya Azimah Subagijo ramai diberitakan terkait adanya pelanggaran UU dimana Azimah diketahui sebagai kader partai politik yaitu PKS dan juga tercatat sebagai pengurus MKGR yang tidak lain adalah underbow Partai Golkar.Anggota KPI seharusnya independen. Azimah juga dilaporkan oleh LSM karena dianggap kerap menyalahgunakan jabatan dengan meminta-minta fasilitas dari industri televisi. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Menparekraf Gandeng Kadin Kembangkan 5 Destinasi Super Prioritas

JAKARTA-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

TPA Rawa Kucing Kota Tangerang Berpotensi Jadi PLTSa

JAKARTA-Pengelolaan sampah yang ramah lingkungan menjadi isu dunia dengan diangkatnya