Dorong Konversi BBM ke BBG, PGN Bangun SPBG di Bekasi

Monday 23 Dec 2013, 4 : 04 pm
by
Ilustrasi/SPBG

JAKARTA-PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) terus berupaya merealisasikan amanat pemerintah menjadi pioner dalam program transformasi energi dari Bahan Bakar Minyak (BBM) ke gas bumi, dengan mendirikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) pertamanya di wilayah Jabodetabek.

SPBG pertama PGN yang terletak di kawasan Pondok Ungu, Bekasi, akan diresmikan oleh Menteri ESDM Jero Wacik pada hari Selasa (24/12).

Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso mengatakan pembangunan SPBG ini merupakan komitmen PGN untuk mendukung konversi energi dari BBM ke bahan bakar gas (BBG) di sektor transportasi.

“SPBG ini merupakan bentuk nyata PGN untuk perluasan pemanfaatan gas bumi dan mendukung program pemerintah dalam konversi BBM ke BBG untuk transportasi. Tentunya, kami tidak bisa jalan sendiri, dibutuhkan dukungan pemerintah dan kerjasama seluruh stakeholder untuk mendorong masyarakat melakukan penghematan bahan bakar dengan menggunakan gas, yang lebih ekonomis, aman, ramah lingkungan,” ujarnya di Jakarta, Senin (23/12).

Sebelumnya, PGN telah menjadi inisiator dengan membangun Mobile Refueling Unit (MRU) yang berada di Monas, Jakarta.

MRU difungsikan untuk pengisian bahan bakar kendaraan seperti bajaj, bus TransJakarta dan kendaraan berbahan bakar gas lainnya.

PGN juga telah membangun lebih dari 6000 km infrastruktur pipa gas di seluruh Indonesia dan memiliki lebih dari 91.000 pelanggan.

SPBG yang dibangun di Pondok Ungu Bekasi dilengkapi dengan 2 dispenser yang masing-masing memiliki kapasitas penyaluran gas 1000 meter kubik gas per hari.

Satu dispenser melayani kendaraan besar seperti bus  dan satu dispenser melayani kendaraan kecil seperti taksi, angkot dan kendaraan pribadi.

Setiap dispenser memiliki 2 nozzle untuk pengisian ke kendaraan.

Fasilitas SPBG ini akan digunakan untuk sejumlah kendaraan umum di wilayah Bekasi seperti taksi, angkot dan bus Trans Jakarta dan kendaraan pribadi.

Menurut Hendi, sebagai kawasan penyangga, pembangunan SPBG di wilayah Bekasi ini merupakan pengembangan infrastruktur PGN untuk mendukung Jakarta sebagai kota gas.

“Kami yakin program konversi energi BBM ke gas ini bisa berjalan maksimal. Melalui sinergi dengan lembaga pemerintah dan swasta ini, kami berharap pemanfaatan gas bumi akan mampu menciptakan efisiensi dan memperkuat perekonomian nasional sehingga pada akhirnya akan menciptakan kemandirian dan ketahanan energi,” jelas Hendi.

Pembangunan SPBG di wilayah Bekasi tersebut juga merespon tingginya lalu lintas kendaraan yang hilir mudik ke Jakarta setiap harinya sebesar 60% dari total populasi warga Bekasi.

Sejalan dengan ini, penggunaan gas pada kendaraan di wilayah Bekasi diperkirakan akan terus tumbuh.

Sehingga tidak ada alasan untuk menunda penggunaan bahan bakar gas terutama di sektor transportasi massal.

Penggunaan gas bumi di sektor transportasi wilayah Bekasi akan memberikan banyak keuntungan bagi pengguna kendaraan bermotor, selain menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan efisien sekaligus mengurangi ketergantungan terhadap BBM dan memangkas beban subsidi pemerintah.

Setiap tahun kebutuhan BBM dan subsidi BBM di APBN terus melonjak.

Tahun ini kuota  BBM subsidi di APBN sebesar 48 juta kiloliter dengan besaran subsidi BBM Rp 199,9 trilyun.

Akibat penurunan nilai tukar rupiah terhadap dolar, Kementerian Keuangan memprediksi subsidi akan membengkak menjadi Rp 250 trilyun.

Penggunaan BBG akan lebih ekonomis dan memangkas beban subsidi karena harga BBG jauh lebih murah yaitu sekitar Rp 3.100 per liter, dibandingkan BBM subsidi yaitu Rp 6500 untuk premium dan Rp 5500 untuk solar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Temuan Berulang dalam Audit, Indikasikan Pidana Pajak

SURABAYA-Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mulai merapatkan barisan dengan menggelar Rapat

Dibuka Menguat, IHSG Ditutup Turun 20,215 Poin di Akhir Sesi Perdagangan

JAKARTA-Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) ditutup