DP4 Pilkada 2017 Berjumlah 41.802.538 Jiwa

Thursday 14 Jul 2016, 7 : 11 pm
by
Mendagri Tjahjo Kumolo menyerahkan DP4 kepada KPU yang diwakili oleh Plt. Ketua KPU RI Hadar Nafis Gumay/photo dok: kpu.go.id

JAKARTA-Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyerahkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang berjumlah 41.802.538 jiwa kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Data ini  digunakan sebagai pertimbangan data penentuan daftar pemilih Pilkada 2017.

“Kami mencoba menyerahkan daftar ini tepat waktu dalam upaya untuk lebih mempercepat proses dan tugas KPU menyukseskan pilkada serentak,” kata Mendagri saat menyerahkan langsung DP4 tersebut kepada KPU yang diwakili oleh Plt. Ketua KPU RI Hadar Nafis Gumay di Ruang Sidang Utama Lantai 2 KPU RI, Kamis (14/7).

Acara penyerahan ini juga dihadiri oleh para Komisioner KPU RI, Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh, dan Ketua Bawaslu RI Muhammad.

Seperti diketahui, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2017 akan dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2017.

Pilkada Serentak akan diselenggarakan di 101 daerah yang terdiri dari 7 pemilihan gubernur dan wakil gubernur, 18 pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali kota dan 76 pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

Menurut Tjahjo, data DP4 tersebut akan menjadi sumber untuk daftar pemilih sementara (DPS), yang kemudian kembali ditingkatkan kualitasnya untuk mendapatkan daftar pemilih tetap (DPT) pada pilkada serentak di 101 daerah, yang rencananya dilaksanakan pada 14 Februari 2017 .

“Dengan penyerahan ini kepada KPU, kita yakin penyelenggaraan pilkada akan lebih baik ke depannya, khususnya masalah data karena telah melalui tahap verifikasi,” katanya.

Pelaksana tugas Ketua KPU Hadar Nafis Gumay mengaku akan menggunakan DP4 ini untuk menyusun Daftar Pemilih Tetap (DPT).

DP4 ini, kata Hadar, juga membantu pihaknya dalam meminimalisir kegandaan dalam DPT.

Pemilihan ini akan diselenggarakan oleh 7 KPU Provinsi/KIP Aceh dan 138 KPU/KIP Kabupaten/Kota.

“Dari total 138 KPU/KIP Kabupaten/Kota, 69 diantaranya akan menyelenggarakan hanya Pemilihan Bupati/Walikota, 44 hanya akan menyelenggarakan Pemilihan Gubernur dan sebanyak 25 KPU/KIP Kabupaten/Kota akan menghelat secara bersamaan Pemilihan Bupati/Walikota dan Pemilihan Gubernur,” jelas Hadar.

Selain DP4, tambah Hadar, bahan yang digunakan untuk menyusun pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih adalah daftar pemilih pemilu atau pilkada terakhir.

Pemilihan serentak tahun 2017 ini sebanyak 38 Kabupaten/Kota akan menggunakan daftar pemilih serentak Tahun 2015, sedangkan 100 Kabupaten/kota lainnya akan menggunakan daftar pemilih Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Fluktuasi Harga Tambang Internasional Pengaruhi HPE

JAKARTA-Fluktuasi harga internasional mempengaruhi penetapan harga patokan ekspor (HPE) produk
Untuk target pencatatan Efek baru di 2022 adalah sebanyak 68 Efek, yang terdiri dari pencatatan saham, obligasi baru dan pencatatan efek lainnya yang meliputi ETF

Perusahaan Budidaya Ikan Berencana Melantai di BEI, Harga Saham Rp150/Lembar

JAKARTA-Perusahaan bidang jasa sarana produksi ikan air payau, PT Agung