DPD: Rusia Siap Kucurkan Investasi US$25 Miliar

38

JAKARTA- Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang (OSO) menjelaskan pertemuan dengan Dubes Rusia Duta Besar Rusia, Lyudmila Georgievna Vorobieva membahas banyak hal terkait hubungan Indonesi-Rusia.

Beberapa pembahasan itu, diantaranya, soal Pemilu 2019 hingga investasi sejumlah perusahaan Rusia di Indonesia. “Rusia mengapresiasi pelaksanaan pemilu yang berjalan baik, sehingga menganggap kerja sama investasi di Indonesia perlu ditingkatkan,” katanya usai pertemuanm di Rumah Dinas Ketua DPD RI, Kuningan, Jakarta (24/4/2019).

Lebih jauh kata OSO, Negara Rusia berkomitmen untuk terus meningkatkan investasi dan menggenjot transaksi perdagangan di Indonesia. Apalagi situasi di Indonesia sangat kondusif untuk investasi, meskipun baru saja dilaksanakan pemilu.

“Mereka sudah merencanakan investasi sekitar USD25 Miliar. Ada proyek Rel Kereta api, pertambangan alumunium, dan masalah transport lainnya yang sedang mereka bicarakan,” tambahnya.

Lebih jauh kata OSO, DOD terus mendorong realisasi pembangunan Rel Kereta Api (KA) Trans Kalimantan yang sudah lama dijajaki dan bahas dengan pemerintah daerah. Alasannya hal ini sangat penting untuk kemajuan dan pertumbuhan ekonomi daerah. “Proyek infrastruktur ini sangat penting, karena bukan hanya menyerap tenaga kerja yang banyak, namun juga memiliki efek domino yang cukup besar,” katanya.

Diakui OSO, investasi Rusia yang cukup besar ini tentu harus diwujudkan dengan baik. Apalagi Presiden Joko Widodo sudah menaruh perhatian tinggi pada proyek infrastruktur tersebut saat kampanye Pilpres 2019 beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Calon Presiden nomor urut 1, Joko Widodo berjanji segera mewujudkan kereta api trans Kalimantan dan jalan baru yang menghubungkan Batulin dan Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Janji tersebut dilontarkan capres petahana ini saat kampanye akbar di Banjarmasin. “Saya tadi dapatkan informasi mengenai keinginan-keinginan masyarakat di sini, bahwa warga Banjarmasin dan Kalimantan Selatan ingin adanya kereta api trans Kalimantan. Benar?” ujarnya disambut gemuruh benar pendukungnya di stadion Banjarmasin, Rabu (27/3/2019), dikutip Antara.

“Yang kedua pengin adanya jalan baru antara Banjarbaru dan Batulicin, Benar?” tambah Capres yang berpasangan dengan Ma’ruf Amin tersebut. Pertanyaan itu kembali disambut gemuruh pendukungnya.

Jokowi berjanji untuk segera menindaklanjuti keinginan warga tersebut. “Secepatnya kita akan lakukan cek lapangan, dan segera kalau memungkinkan akan segera kita kerjakan, Insya Allah,” ucapnya.