DPR Belum Pilih Anggota KPU dan Bawaslu, Pemerintah Siapkan Langkah Alternatif

DPR Belum Pilih Anggota KPU dan Bawaslu, Pemerintah Siapkan Langkah Alternatif

0
BERBAGI
Seskab Pramono Anung

JAKARTA-Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) hingga kini belum juga melakukan uji kelayakan dan kepantasan (fit and proper test) terhadap calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) periode 2017-2022 meski sejak pertengahan Februari 2017 lalu sejumlah nama kandidat sudah diserahkan pemerintah. Kendati demikian, pemerintah telah menyiapkan langkah antisipasi jika hingga 12 April dewan belum memilih. “Tentunya pemerintah juga akan mengambil langkah-langkah kalau memang kemudian pembahasan revisi Undang-Undang (UU) Pemilu belum selesai,” ujar Sekretaris Kabinet (Seskab), Pramono Anung di Jakarta, Rabu (23/3).

Sementara itu, DPR sendiri berlasan, molornya pelaksanaan fit and proper test ini menunggu selesainya pembahasan revisi UU Pemilu. Padahal masa jabatan anggota KPU dan Bawaslu periode 2012-2017 akan berakhir pada 12 April mendatang. “Harapan kami, tanggal 12 April sudah selesai dan kami optimis akan selesai. Karena lobi-lobi dilakukan untuk itu,” kata Pramono.

Namun demikian, jika saat masa tugas anggota KPU dan Bawaslu periode 2012-2017 selesai belum juga ada fit and proper test, maka pemerintah akan menempuh langkah alternatif. “Misalnya, memperpanjang masa jabatan satu bulan ataukah dengan cara lain. Tetapi sekali lagi pemerintah optimistis bahwa ini diselesaikan tanggal 12 April, ya,” jelas Pramono

Sebelumnya, pada akhir Februari lalu, pemerintah telah menyerahkan kepada DPR RI 14 nama calon anggota KPU dan 10 nama calon anggota Bawaslu periode 2017-2022. Calon-calon yang sebelumnya diseleksi Panitia Seleksi (Pansel) pimpinan Saldi Isra. Adapun nama-nama calon anggota KPU itu adalah, Amus Alkana; I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi; Ilham Saputra; Evi Novida Ginting Manik; Ferry Kurnia Rizkiyansyah; Ida Budhiarti; Wahyu Setiawan; Sri Budi Eko Wardani; Pramono Ubaid Tanthowi; Yessy Y Momongan; Hasyim Asy’ari; Arief Budiman; Viryan; dan Sigit Pamungkas.

Sementara Calon anggota Bawaslu antara lain Ratna Dewi Petalolo; Mohammad Najib; Abhan; Sri Wahyu Araningsih; Fritz Edward Siregar; Safrida Rachawati Rasahan; Mochammad Afifuddin; Herwyn Jefler Hielsa Malonda; Abdullah; dan Rahmat Bagja.