Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK, Pertumbuhan Ekonomi Cukup Baik

Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK, Pertumbuhan Ekonomi Cukup Baik

0
BERBAGI
Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan memberikan penjelasan kepada media mengenai Capaian 2 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK, di Bina Graha, Jakarta, Jumat (21/10)

JAKARTA-Menko Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan mengemukakan, secara umum pertumbuhan ekonomi dalam dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sudah cukup baik. “Mungkin pada kuartal I 5,19% yang menurut hemat saya sangat baik. Karena kita sebenarnya sejak 2012 ekonomi sudah menurun, sejak harga komoditas menurun,” kata Luhut dalam press birefing “2 Tahun Kerja Nyata Pemerintah Jokowi-JK”, di Gedung Bina Graha, Kantor Staf Presiden, Jakarta, Jumat (21/10)

Menurutnya, program pemerintah tidak hanya mengejar pertumbuhan ekonomi tetapi juga sekaligus mendorong tercapainya pemerataan. Program pemerataan tersebut diantaranya melalui Program Dana Desa yang mencakup 74.000 desa lebih dan angkanya 54 miliar dolar AS dalam kurun 5 tahun ke depan.

Dia mengatakan, usaha pemerintah dalam pemerataan berdampak pada kondisi gini ratio yang sudah berhasil diturunkan dari 0,41 menjadi 0,39, dan diharapkan bisa diturunkan lagi menjadi 0,38 – 0,35.

Untuk pembangunan infrastruktur, menurut Luhut, pemerintah terus menggelontorkan dana hampir 500 miliar dolar AS dalam kurun waktu 5 tahun pemerintahan Jokowi-JK.

Menurutnya, angka tersebut cukup spekulatif melihat defisit anggaran tahun ini, tetapi dengan Program Amnesti Pajak yang cukup sukses, membuat anggaran tidak terlalu banyak terpengaruh. Bahkan dengan kepercayaan dari pasar dan investor, diharapkan tax ratio bisa berada di 14%-15% dalam 2-3 tahun ke depan. “Saya hanya minta satu kepada masyarakat, kritiklah pemerintah tapi dengan kritikan-kritikan yang konstruktif tidak destruktif. Kritik jugalah dengan data-data yang ada,” pungkasnya.