Dukung Jokowi, Deklarasi Dukungan Kepala Daerah Di Jateng Tak Masalah

Monday 25 Feb 2019, 3 : 06 pm
suaramerdeka.com

SEMARANG-Kegiatan deklarasi dukungan untuk pasangan calon presiden Joko Widodo-Ma`ruf Amin oleh 35 kepala daerah di Jawa Tengah, tidak menyalahi aturan.

Alasannya karena dilakukan pada hari libur.

“Selain itu, deklarasi tersebut juga tidak melibatkan aparatur sipil negara,” kata Peneliti dari Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi Fadli Ramadhanil, Senin (25/2/2019).

Pernyataan tersebut juga untuk menyanggah keputusan Bawaslu Jateng yang menyatakan deklarasi dukungan yang juga dihadiri dari Gubernur Ganjar Pranowo dan 31 kepala daerah itu telah melanggar Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah terkait dengan netralitas kepala daerah dalam pemilu.

Namun, lanjut dia, jika menilik Undang-Undang Pemilu, Bawaslu tidak menemukan pelanggaran deklarasi dukungan tersebut.

“Kalau kepala daerah harus netral, di UU Pemda itu ketentuan yang bersifat umum, tapi ada UU Pemilu yang merupakan UU `lex specialist` dari UU Pemda yang membolehkan kepala daerah ikut berkampanye,” ujarnya.

Menurut dia, yang seharusnya perlu ditelusuri Bawaslu Jateng adalah kemungkinan ada atau tidaknya pelanggaran terhadap UU Pemilu, yang salah satu indikatornya dilakukan pada hari kerja atau tidak.

“Harusnya, yang perlu di cek itu adalah, apakah Pak Ganjar dan bupati wali kota melakukan itu di hari libur atau tidak. Jika di hari libur, maka tidak jadi soal, sepanjang deklarasi itu tidak mengumpulkan orang dalam jumlah yang lebih dari syarat kampanye pertemuan terbatas dan rapat umum,” tuturnya.

Kendati demikian, kata dia, jika kampanye itu dilaksanakan di hari kerja, maka yang perlu ditelusuri adalah apakah Ganjar dan kepala daerah yang ikut sudah cuti atau belum di hari pelaksanaan itu.

“Tapi ternyata deklarasi tersebut dilakukan di hari Sabtu, itu hari libur,” ucapnya.

Indikator penelusuran terakhir pada deklarasi dukungan tersebut adalah ada atau tidak aparatur sipil negara yang ikut mendeklarasikan karena ASN diwajibkan netral.

“Kemudian yang perlu dicek, apakah ada orang yang ikut di dalam aktivitas itu yang terkategori dilarang ikut kampanye, seperti ASN,” tambahnya.

Sebelumnya, Gubernur Ganjar juga telah mengkritisi putusan Bawaslu Jateng karena menurutnya keputusan lembaga pengawas pemilu yang menyatakan 31 kepala daerah itu melanggar etika berdasar UU tentang Pemerintahan Daerah terkait dukungan pada capres nomor 01 itu bukan kewenangan bawaslu, namun Kementerian Dalam Negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Sejumlah Kerabat Masuk Pengurus Golkar, Tim 9 Bereaksi Keras

JAKARTA-Susunan pengurus DPP Partai Golkar yang baru diumumkan ke publik

Ini Jadwal Operasional BI Selama Lebaran

JAKARTA-Kantor Bank Indonesia (BI), baik pusat dan daerah tidak beroperasi/ditutup