Dukung Kesejahteraan Masyarakat Indonesia Melalui Wirausaha Sosial

42
Bank Danamon/ilustrasi

JAKARTA-PT Bank Danamon Indonesia, Tbk  (Danamon) kembali menggelar program Danamon Social Entrepreneur Awards (DSEA) yang ke-10 sebagai bagian rangkaian kegiatan hari ulang tahun Danamon yang ke-60. Penyelenggaraan Danamon Social Entrepreneur Awards tahun 2016 dimulai dengan dibukanya pendaftaran melalui situs resmi DSEA, yaitu www.danamonawards.org.

Head of External Affairs PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Abrahm Sihaloho mengatakan  Danamon Social Entrepreneur Awards 2016 bertujuan untuk memilih para individu yang mampu memberdayakan diri dan lingkungannya melalui wirausaha. Kandidat yang terpilih harus terbukti memberi dampak positif, antara lain dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dari kegiatan usaha yang dilakukannya. “Individu terpilih juga harus memiliki komitmen terhadap keberlanjutan usahanya yang sudah berjalan minimal 1 (satu) tahun,” ujar Abrahm dalam keterangan tertulisnya, Kamis (15/9.

Menurutnya, Danamon Social Entrepreneur Awards mencari individu yang memiliki visi selaras dengan Danamon, yaitu ‘Kami peduli dan membantu jutaan orang untuk mencapai kesejahteraan.’ Penghargaan ini merupakan komitmen kepedulian dan tanggung jawab Danamon terhadap komunitas dan masyarakat sekitar. “Ajang ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat luas untuk berkontribusi nyata dalam peningkatan kesejahteraan sekaligus pertumbuhan perekonomian Indonesia,” imbuhnya.

Dari tahun ke tahun, peserta yang mendaftar untuk partisipasi pada Danamon Social Entrepreneur Awards semakin bertambah. Kalangan muda berusia 21–35 tahun yang memilih berkarya di bidang wirausaha sosial menunjukkan pertumbuhan yang positif. Seiring dengan tren ini, Danamon Social Entrepreneur Awards tahun 2016 kembali menghimbau para kalangan muda wirausaha sosial untuk mengikuti ajang ini.

Danamon Social Entrepreneur Awards 2016 terbuka untuk umum. Masyarakat dapat menominasikan orang lain atau mengajukan diri sendiri untuk mendaftar menjadi peserta Danamon Social Entrepreneur Awards 2016, dengan cara mengisi formulir nominasi via www.danamonawards.org mulai tanggal 13-20 September 2016.  Dewan Juri DSEA terdiri dari perwakilan pemerintah, akademisi, media, praktisi bisnis masa kini dan Danamon. Sedangkan proses voting Peraih Danamon Social Entrepreneur Awards 2016 Favorit pilihan masyarakat akan dilakukan melalui website dan social media (Facebook, Twitter dan Google Plus) pada tanggal 21 Oktober – 9 November 2016. Malam penganugerahan Danamon Social Entrepreneur Awards 2016 rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 10 November 2016 yang bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan Nasional.

Berbeda dari tahun sebelumnya, selain mendapatkan uang tunai untuk mengembangkan program sosial dan usahanya, kelima peraih DSEA 2016 juga akan memperoleh kesempatan untuk mengikuti Business Innovation Day yang memungkinkan mereka untuk memperkenalkan hasil usahanya ke masyarakat umum serta mendapatkan Financial Business Coach secara eksklusif dari para pakar.