Dukung Konektivitas Layanan Transfer Dana ke Daerah

12

SANGIHE-Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyaksikan langsung pemanfaatan konektivitas jaringan kabel serat optik Palapa Ring untuk dukungan layanan publik di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Bersama Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Menteri Rudiantara menyaksikan kerja pegawai di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tahuna.

“Proyek Palapa Ring Tengah sudah beroperasi sejak awal Januari 2019, sebelumnya kita sudah melihat infrastukturnya di Morotai, sekarang aplikasinya yang mau dilihat. Kebetulan Menteri Keuangan ingin melihat aplikasi di lingkungan Kemenkeu termasuk konektivitas. Konektivitas itu penting, karena untuk pembayaran gaji harus ada konektivitas. Kalau tidak kasihan ASN yang di sini bisa terlambat bayar gaji,” jelas Rudiantara di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tahuna, Jumat (18/01/2019).

Senada dengan Menteri Kominfo, Menkeu mengatakan bahwa konektivitas internet bisa mempercepat pembangunan.

“Palapa Ring ini membantu pekerjaan baik di sisi penerimaan dan pembelanjaan, juga sektor pendidikan dan kesehatan. Tanpa konektivitas maka pekerjaan negara untuk transfer ke daerah akan sulit dilakukan,” ungkap Sri Mulyani.

Proyek Palapa Ring Tengah telah tuntas 100 persen pada 21 Desember 2018 lalu. Jaringan kabel serat optik sepanjang 2.995 kilometer ini melintasi 17 kabupaten dan kota.

Selain 17 kabupaten dan kota layanan, jaringan Palapa Ring Tengah melalui 10 kabupaten dan kota interkoneksi.  Jaringan Palapa Ring Tengah melintasi Provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara. Semua kawasan itu terhubung dengan kabel darat sepanjang 1.326,22 km dan 1,787,06 km kabel laut