Ekonom: Overhead Cost Penyebab Suku Bunga Tinggi

Friday 22 Mar 2013, 6 : 37 pm
by

JAKARTA-Pengamat ekonomi Universitas Indonesia, Eugenia Mardanugraha  menilai tingginya suku bunga bank lebih disebabkan overhead cost. “Jadi, bukan karena kartel,” ujar dia di Jakarta, Jumat (22/3).

Sebelumnya, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akan menyelidiki dugaan kartel atas tingginya suku bunga perbankan yang dinilai merugikan nasabah. KPPU akan menyelidiki apakah benar tingginya suku bunga perbankan itu karena tingginya ‘overhead cost’ atau karena kartel.  Kartel adalah perilaku persaingan tidak sehat yang dilarang UU No.5/1999 karena merugikan masyarakat dan menggangu perekonomian.

Menurut dia, persaingan yang ketat antar bank membuat mereka berlomba-lomba mematok suku bunga yang ditawarkan. “Mereka bersaing satu sama lain, tapi memang struktur pasarnya oligopoli sehingga ada leader dan follower. Nah suku bunga tinggi disebabkan karena leader tidak mau menurunkan suku bunga nya,” kata dia.

Dia mengaku, sangat tidak mudah bagi BI untuk memaksa bank-bank menurunkan suku bunganya. Karena itu, salah satu langkah yang bisa ditempuh adalah menghidupkan kembali Biro kredit BI. “Jadi masyarakat bisa pinjam uang langsung ke  BI dengan bunga lebih rendah,” ujar dia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Penyelidikan Perpanjangan Safeguard Impor Dextrose Monohydrate Dihentikan

JAKARTA-Komite Pengamanan Perdagangan Indonesia (KPPI) mengumumkan penghentian penyelidikan perpanjangan tindakan

Kuartal II-2019, BRI Raup Laba Rp16,1 Triliun

JAKARTA-Laba PT Bank Rakyat Indonesia,Tbk mencapai Rp16,16 triliun pada kuartal