Ekspor Teh Hitam Digenjot Ke Taiwan

177
Tribunnews.com

JAKARTA-Komoditi teh hitam produk PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) terus digenjot nilai ekspornya ke Taiwan. Pasca anjloknya rupiah, harga teh hitam ini menjadi sangat kompetitif. “Untuk pasar Taiwan, teh yang diekspor rata-rata 15 kontainer berupa teh hijau dan teh hitam. Teh hitam produksi Rajawali Mitra Kerinci merupakan kualitas terbaik di dunia,” kata Direktur Utama RNI Ismed Hasan Putro di Jakarta, Senin,(26/8).

Menurut Ismed, selain Taiwan, negara-negara lain yang juga menjadi target incaran ekspor teh perseroan adalah Belanda, Jerman, Pakistan dan Hong Kong. Adapun, teh yang diekspor itu merupakan hasil anak usaha perseroan, PT Rajawali Mitra Kerinci.

Lebih jauh Ismed menambahkan khusus untuk pasar Taiwan, peningkatannya sangat tajam dan semakin besar volume yang dibutuhkan. Nilai ekspor ke negara ini mencapai Rp 6,4 miliar per bulan.

Seiring dengan kepercayaan yang semakin baik dari Taiwan, saat ini melalui atase perdagangan Kedutaan Besar Taiwan, tengah melakukan negosiasi penambahan volume ekspor teh hitam dan teh hijau sebanyak 5-10 kontainer mulai bulan September-Desember 2013. **can