Elektabilitas Ahok 46,8%, Risma 16,5% dan Sandiaga 7,5%

Elektabilitas Ahok 46,8%, Risma 16,5% dan Sandiaga 7,5%

35
0
BERBAGI
ilustrasi populi center

JAKARTA-Tingkat elektabilitas petahana Basuki Tjahaja Purnama tetap menduduki posisi teratas dari survei yang digelar lembaga riset Populi Center. Ahok, begitu biasa Gubernur DKI dipanggil, mengungguli empat kadidat lainnya, yakni Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Sandiaga Uno, Yusril Ihza Mahendra dan Ridwan Kamil.

Hasil survei Populi Center  mencatat elektabilitas  tertinggi sebesar 46,8 persen. Posisi kedua ditempati Risma dengan jumlah 16,5 persen. Sedangkan Sandiaga Uno menempati posisi ketiga dengan besaran 7,5 persen. “Adapun Yusril Ihza Mahendra dan Ridwan Kamil masuk dalam top five tokoh dengan elektabilitas tinggi,” ujar Peneliti Populi Center, Nona Evita saat merilis hasil survey “Elit dan Pemilih Terbelah? Peta Pilgub Jakarta yang Makin Mengerucut” di Jakarta,  Selasa (30/8).

Survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan 400 responden, di 6 wilayah DKI Jakarta yaitu Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu. Survei ini menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of  error ±4.9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Survei ini juga bertujuan untuk  melihat peta politik di Pilgub DKI Jakarta 2017 jelang pendaftaran pasangan calon dari partai politik.

Naiknya elektabilitas Risma maupun Sandiaga ini tentu dipengaruhi oleh munculnya beberapa relawan pendukung, deklarasi dukungan untuk nama-nama tersebut, maupun kegiatan pra kampanye untuk mensosialisasikan mereka.

Sedangkan untuk elektabilitas 4 tokoh, Ahok menempati posisi pertama dengan persentase 48.2 persen, disusul oleh Risma diposisi kedua (26.5 persen), Sandiaga (9.2 persen), dan Yusril (7 persen).

Sementara itu masih untuk elektabilitas 4 tokoh, posisi Ahok juga masih menduduki peringkat pertama dengan persentase 53.2 persen, dan posisi kedua ditempati oleh Sandiaga Uno dengan persentase 18 persen, Djarot di posisi ketiga dengan persentase 5.5 persen dan Anies Baswedan dengan persentase 4.8 persen.
Untuk elektabilitas 3 tokoh, apabila Ahok, Risma dan Sandiaga Uno bertarung di Pilkada DKI 2017, Ahok untuk sementara masih mengungguli elektabilitas 3 tokoh tersebut dengan persentase 50.2 persen, kemudian   Risma (27,2  persen) dan Sandi (11.5 persen).

Demikian juga saat Aho head to head dengan Yusril persentasenya menurun dibanding bulan Juni lalu yaitu dari 61 persen menjadi 56.2 persen. “Begitupula saat head to head dengan Risma dan Sandiaga,” urainya.

Sementara itu, untuk persentase Risma dan Sandiaga sedikit meningkat dibanding Ahok. Ini menunjukkan bahwa gerakan relawan pendukung Risma dan Sandiag berperan dalam mendongrak elektabilitas mereka,” pungkasnya.