ERT Siaga Bencana ESDM Diinstruksikan Bergerak ke Lokasi Bencana Tsunami

Sunday 23 Dec 2018, 11 : 16 pm
by

JAKARTA-Tim Siaga Bencana Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menginstruksikan agar Emergency Response Team (ERT) Siaga Bencana ESDM segera bergerak ke wilayah terdampak bencana tsunami yang melanda Kabupaten Pandeglang, Serang, Provinsi Banten dan Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

“Berdasarkan hasil asessment ERT Siaga Bencana ESDM yang lebih dahulu tiba di lokasi, diperoleh laporan bahwa area terdampak sangat luas. Oleh karena itu kami serukan agar ERT ESDM Siaga Bencana untuk segera bergabung,” terang Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi, Minggu (23/12).

ERT Siaga Bencana ESDM yang berada di dekat lokasi bencana diharapkan segera mengirimkan tim dan bergabung dengan ERT yang lebih dahulu berada di lokasi.

“Prioritas ERT Siaga Bencana ESDM yang mudah menjangkau area terdampak agar segera bergabung ke Posko ESDM Siaga Bencana yang akan didirikan di Pulau Umang, bersebelahan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang,” jelas Agung.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pascatsunami yang melanda Pantai Barat Banten, ERT Siaga Bencana ESDM langsung bergerak ke lokasi bencana untuk membantu pemulihan. Tim yang telah tiba di lokasi langsung melakukan pemantauan dan melihat dampak yang ditimbulkan untuk menginformasikan kepada ERT Sektor ESDM lainnya bantuan apa yang menjadi prioritas untuk mempercepat pemulihan.

Berdasarkan rilis yang disampaikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), peristiwa tsunami yang terjadi di Pantai Barat Banten terjadi pada hari Sabtu (22/12) pukul 21.27 WIB dan tidak dipicu oleh gempa bumi.

Masyarakat diimbau untuk tidak mendekati pantai hingga ditemukan penyebab pasti tsunami tersebut. BMKG bersama Badan Geologi, Kementerian ESDM masih terus akan mengkaji penyebab tsunami tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

IPEX Vitual-BTN Dikunjungi 2 Juta Konsumen

JAKARTA-Seorang nasabah mengakses website www.ipexbtnproperti.co.id di salah satu kantor cabang
Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus/Foto: Kompas.com

Formappi: Parpol Perlu Umumkan Caleg Peraih Suara Terbanyak

JAKARTA – Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus