Fahri: Kenapa LSM Yang Teriak?

Fahri: Kenapa LSM Yang Teriak?

0
BERBAGI

JAKARTA-Hak angket DPR yang dilayangkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) oleh legislatif justru mendapat reaksi keras dari kalangan LSM. Sehingga wajar kemudian LSM dicurigai sebagai corongnya KPK. “Kenapa saya kritik KPK yang marah LSM? Saya curiga LSM kongkalingkong,” kata Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah di Jakarta, Rabu (3/5/2017).

Malah Fahri balik mempertanyakan siapa yang merasa dihalang-halangi dengan sikapnya. Fahri heran, yang dikritiknya adalah  KPK tapi yang marah malah sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM). “Kalau saya jadi penghalang, siapa yg merasa dihalangi?,” tanya Fahri lagi.

Fahri mengaku tidak mau ambil pusing terkait dirinya dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi dan Mahkamah Kehormatan Dewan di DPR. Alasannya, Fahri dianggap menyalahi prosedur saat memimpin paripurna.

Menanggapi hal tersebut, Fahri Hamzah mengatakan, adalah hak semua orang untuk melaporkannya. “Itu hak semua orang, dan orang boleh melakukan haknya. Tapi itu menunjukkan siapa kita. Mari kita bermain dalam ranah permainan demokrasi,” tegasnya

Karena itu, Fahri menegaskan, jika nanti hak angket berjalan dia juga akan membuka satu pola relasi yang tidak sehat, yang tercipta di kalangan masyarakat. Sehingga penciptaan imajinasi soal korupsi itu menjadi tidak rasional, mitos dan keluar dari jalur hukum yang rasional. “Nanti saya bisa ungkapkan itu, misalnya siapa yang dapat dana karena setiap hari memuji KPK. Itu saya tahu dan ada datanya,” pungkasnya. ***