Fahri Prihatin Pemuda “Terperangkap” Smartphone

Sunday 18 Jun 2017, 12 : 04 am

MATARAM – Pemuda saat ini lebih banyak berfikir dengan perasaan, bukan dengan akal. Situasi ini tentu membuat prihatin, karena akan membuat kebekuan di kalangan aktivitas pemuda Indonesia.
“Sangat sedikit pemuda dan mahasiswa yang kritis melihat permasalahan bangsa, apalagi memberikan solusi,” kata Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah dalam acara Sosialisasi Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika di Auditorium Museum Negeri Nusa Tenggara Barat, Jumat (16/6/2017) kemarin.

Dihadapan pengurus daerah Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Kota Mataram, Fahri menjelaskan alih-alih berfikir kritis dan produktif, pemuda sekarang malah terkerangkeng oleh perangkat canggih seperti smartphone.

Para pemuda menjadi beku dalam perlombaan menulis status, membuat mention dan mengejar like di media sosial.
“Itulah kesibukan sebagian besar anak muda sekarang. Padahal seharusnya di masa muda ini, setiap pemuda selalu berkobar-kobar. Penuh semangat,” tandas Fahri dengan intonasi tinggi.

Namun Fahri tidak diam, sebagai solusi dia mengajak pemuda memahami konsepsi-konsepsi yang termuat dalam 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara. Jika para pemuda memahami dam meyakini konsepsi 4 Pilar tersebut, maka itu akan menjadi semangat dan keyakinan untuk bergerak.

“Kita contohkan saja dalam Pancasila, sila pertama. Jika dilihat dari sudut pandang Islam, itu adalah tauhid. Tuhan adalah segala sesuatu yang mendominasi diri kita. Jika tiba-tiba terjadi penjajahan dengan segala bentuknya, maka itu berarti ia mengambil alih posisi Tuhan untuk mendominasi kita. Maka dengan memahami sila Pertama, atau memahami tauhid, akan muncul semangat perlawanan. Tauhid itu adalah dasar agama Islam yang membakar gelora semangat kita. Hal ini sudah dicontohkan oleh para Pahlawan bangsa kita, yang juga merupakan para ulama. Mereka meyakini bahwa melawan penjajah adalah wajib, dan jika mati maka mereka akan mendapat mati syahid,” papar Fahri.

Dia juga mengajak pemuda untuk mengekspresikan pemikiran dan pandangan kritisnya dengan berbagai metode. “Setelah itu, maka mulailah bicara. Katakan sesuatu dengan pidato, dengan music, dengan buku, dengan puisi, dan kalau perlu dengan bunga,” urai Fahri seraya berharap jangan sampai ada kehilangan semangat untuk melawan dan pemuda jangan mudah menjadi orang yang dungu seperti ‘kerbau yang dicocok hidung’-nya.

Deklarator KAMMI ini juga mengingatkan, dalam hidup yang singkat, bagaikan seorang musafir, maka perjalanan hidup harus direncanakan. JIka tidak, maka hidup kita berjalan dan tiba-tiba berakhir, tanpa tahu kita sudah melakukan apa saja. “Tuliskan cita-cita anda, lalu impikan setiap hari,” ungkap dia memotivasi para peserta. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pemutaakhiran Data Berbasis SDGs Desa Baru Capai 50%

GORONTALO-Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul

Kontribusi Startup Terhadap PDB Nasional Relatif Kecil

YOGYAKARTA– Populasi starup di Indonesia terus berkembang pesat. Saat ini