Fahri Serahkan Bantuan DPR Rp380 Juta ke Pengungsi Gempa

Wednesday 1 Aug 2018, 2 : 49 pm

LOMBOK-Sejumlah lokasi dan titik pengungsian korban gempa menjadi pusat peninjauan legislator. Salah satunya Desa Obel Obel yang menjadi kegiatan. “(Bantuan ini penggunaannya agar dimusyawarahkan,” kata Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah di Lombok, Rabu (2/8/2018).

Fahri menyerahkan bantuan DPR senilai Rp380 juta rupiah dan mendatangi langsung para pengungsian korban gempa. Bahkan menyerahkan secara simbolik bantuan kepada Kepala Desa. “Kami mohon bantuan ini disegerakan dan yang penting dipertanggungjawabkan, karena ini amanah banyak orang,” tambahnya.

Ketua KA KAMMI ini didampingi Wilgo Zainar (F-Gerindra), Lalu Gede Syamsul Mujahidin (F-Hanura) dan M. Syafruddin (F-PAN) berhenti di 4 titik pengungsian, di sebuah masjid yang rusak parah, kemudian sebuah SD yang siswanya belajar di tenda, di Kantor Desa Obel-Obel dan Lapangan Meydani.

Fahri Hamzah mengingatkan pentingnya pemulihan kondisi psikologis terutama anak-anak. “Anak-anak masih trauma, mereka belum bisa tidur setelah kejadian. Mereka harus dihibur dan dipulihkan. Jangan kasih mereka banyak makan mi instan. Beri mereka susu, daging dan protein yang cukup,” pesan Fahri kepada para pendamping bencana.

Gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter dengan kedalaman 24 km mengguncang pulau Lombok dan Sumbawa di Nusa Tenggara Barat, dan Pulau Bali, pada hari Minggu (29/7). Dampak paling besar terjadi di wilayah Sembalun yang merupakan salah satu pos pendakian menuju Gunung Rinjani yang sedang ramai pengunjung.

Selain korban jiwa 16 orang dan 300 lebih warga terluka, gempa di Lombok Timur yang terasa hingga di Pulau Bali dan Sumbawa menimbulkan kerusakan fisik parah pada ribuan bangunan rumah, gedung fasilitas publik dan perkantoran. Di desa Obel Obel sendiri, 4.000 rumah hancur. Pemerintah provinsi NTB dan BNPB menetapkan waktu tanggap darurat hingga hari Kamis (2/8) untuk selanjutnya masuk fase pemulihan. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kemenperin Genjot Kinerja Industri Furnitur dan Elektronik

JAWA TENGAH-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memantau aktivitas sektor industri di

Kuartal Ketiga, Pendapatan ESSA Tumbuh 132% Jadi USD557 Juta

JAKARTA-PT Surya Esa Perkasa Tbk (ESSA) selama sembilan bulan pertama