Gandeng Bank Banten, Jamkrindo Genjot Volume Penjaminan

54

JAKARTA-Kemitraan Perum Jamkrindo dengan Bank Banten terbilang sangat strategis. Karena salah satu tujuannya meningkatkan kinerja masing-masing dua lembaga keauangan. “Kerja sama ini sangat strategis dan bisa meningkatan realisasi kredit/pembiayaan oleh Bank Banten maupun peningkatkan volume Penjaminan oleh Perum Jamkrindo,” kata Direktur Bisnis Penjaminan Perum Jamkrindo Bakti Prasetyo dalam acara penandatangan PKS di Kantor Pusat Perum Jamkrindo, Jakarta, Selasa (30/8/2016).

Penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara (Perum Jamkrindo) bersama PT Bank Pembangunan Daerah Banten (Bank Banten) tersebut terkait layanan perbankan dilakukan oleh Direktur Bisnis Penjaminan Perum Jamkrindo Bakti Prasetyo, Direktur MSDM, Umum dan Kepatuhan Perum Jamkrindo Nanang Waskito dengan Dirut BPD Banten Heru Sukanto.

Salah satu poin PKS itu antara lain untuk penjaminan kredit yang meliputi Penjaminan Kredit Pegawai, Penjaminan Kredit Multiguna beragunan Properti, Kredit Konstruksi dan pengadaan barang dan jasa serta Penjaminan Bank Garansi. Sementara untuk MoU adalah pemberian fasilitas pembiayaan bagi Karyawan Perum Jamkrindo

Harapannya, kata Bakti, dengan kerjasama ini manfaat bisa langsung dirasakan masyarakat dan korporasi untuk memanfaatkan produk-produk Kredit/Pembiayaan khususnya di Penjaminan Kredit Pegawai, Fasilitas Pembiayaan bagi Karyawan , Penjaminan Kredit Multiguna beragunan Properti, Kredit Konstruksi dan pengadaan barang dan jasa serta Penjaminan Bank Garansi. “Tujuan lain kerja sama ini juga adalah untuk meningkatkan sinergi kedua lembaga keuangan, serta untuk mendukung kelancaran kegiatan bisnis kedua perusahaan,” tambahnya

Hal sama juga disampaikan Direktur MSDM, Umum dan Kepatuhan Perum Jamkrindo Nanang Waskito yang juga menyambut baik dilakukan MoU untuk pemberian pembiayaan bagi karyawan Perum Jamkrindo oleh Bank Banten. Dengan ini diharapkan akan membawa manfaat bagi karyawan. “Semoga dengan kerjasama ini bisa dimanfaatkan oleh para pegawai dengan sebaik-baiknya,” kata Nanang.

Sementara Dirut Bank Banten Heru Sukanto menambahkan kemitraan dengan Perum Jamkrindo juga untuk berbagi resiko dalam bisnis kredit .”Tentunya kerjasama ini membawa kinerja yang baik dan nilai tambah untuk keduanya,” ungkapnya.

BPD Banten, lanjut Heru, pemain baru dalam bisnis kredit seperti konstruksi dan lainnya. Adanya perubahan pola bisnis dari yang sebelumnya bergerak pada bisnis mikro mengharuskan perusahaan untuk lebih banyak lagi menjalin mitra dengan semua pihak agar bisa meningkatkan kinerja dan performa bagi perusahaan.”Saya harapkan dengan kemitraan ini benar-benar ada volume dari sisi bisnis antara Perum Jamkrindo dan Jamkrinda,” katanya.

Perum Jamkrindo sesuai dengan UU No 1 Tahun 2016 tentang penjaminan tentunya dibantu oleh lembaga perbankan dan lembaga keuangan atau di luar lembaga keuangan siap memberikan kredit, pembiayaan, pembiayaan berdasarkan prinsip syariah atau kontrak jasa kepada UMKM. Jamkrindo selalu siap berkontribusi dengan menyerap risiko pembiayaan yang dikucurkan perbankan dan non perbankan kepada UMKM dengan penjaminan kreditnya.

Selama ini, selain memberi penjaminan kredit program seperti KUR, perusahaan penjaminan juga telah memberi penjaminan kredit-kredit UMKM non KUR yang dikucurkan lembaga perbankan. Guna meningkatkan pelayanan kepada mitra kerja, Perum Jamkrindo telah memiliki jaringan pelayanan di seluruh Indonesia. Hingga saat ini Jamkrindo total memiliki 56 kantor cabang dan 13 kantor unit pelayanan.
***