Gandeng Mercy Corps Indonesia, Bank Commonwealth dan Mastercard Luncurkan Platform MicroMentor

Friday 21 Jun 2019, 2 : 27 pm
by
Lauren Sulistiawati, Presiden Direktur Bank Commonwealth, dan Ir. Herustiati, Staf Ahli Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Bidang Produktivitas dan Daya Saing, saat sesi pemberian cinderamata dalam Konferensi Pers Peluncuran MicroMentor, yang diadakan hari ini (20/6) di Greenhouse Coworking Space, Jakarta

Bank Commonwealth meyakini kontribusi para pelaku jasa keuangan dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia terutama perempuan.

“Sejak tahun 2014, kami sudah memfokuskan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan kami untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan dengan target perempuan pengusaha melalui program Women Investment Series (WISE). Pada tahun 2017, kami menggandeng Mastercard untuk bekerja sama dalam memperluas jangkauan dan penerima manfaat dari program WISE. Hari ini, melalui kolaborasi dengan Mercy Corps Indonesia, komitmen tersebut makin kami perkuat dengan diluncurkannya MicroMentor yang kami harapkan dapat membantu para perempuan pengusaha Indonesia untuk menumbuhkan bisnisnya secara nyata,” ujarnya.

Sementara itu menurut Mastercard Index of Women Entrepreneurs (MIWE) 2018, Indonesia menempati posisi ke-30 dari 57 negara dengan skor 62,4 pada tingkat peluang bagi perempuan untuk berwirausaha. Skor ini dinilai cukup tinggi jika dibandingkan dengan negara berkembang lainnya.

Menurut Indeks ini, perempuan di Indonesia menjalankan usahanya karena terdorong oleh kebutuhan ekonomi. Perempuan sama halnya dengan pria cenderung berwirausaha pada sektor informal yang tidak terlalu berbasis pada teknologi, berskala kecil dan dalam bentuk bekerja untuk diri sendiri.

Sementara itu, Division President Indonesia, Malaysia and Brunei, Mastercard Safdar Khan, mengungkapkan, berkontribusi dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat di tanah air telah menjadi bagian dari komitmen jangka panjang Mastercard untuk Indonesia.

“Mastercard sangat senang dapat bekerja sama dengan mitra yang memiliki visi yang sama seperti Bank Commonwealth dan Mercy Corps Indonesia, terutama untuk perempuan pengusaha di Indonesia,” jelasnya.

“Mastercard berharap peluncuran MicroMentor ini akan semakin memperluas jangkauan program WISE serta meningkatkan pengetahuan perempuan pengusaha UMKM di Indonesia akan pentingnya pemanfaatan teknologi digital dalam strategi bisnis, pengetahuan terhadap aset dan akses finansial, serta pertumbuhan lingkungan usaha,” imbuhnya.

Pencapaian Mercy Corps melalui MicroMentor secara global meyakinkan Bank Commonwealth dan Mastercard untuk menghadirkan platform ini di Indonesia guna memberdayakan perempuan pengusaha UMKM di tanah air.

Di tingkat global, platform MicroMentor telah berhasil memberdayakan sebanyak 82% pengusaha yang mengikuti program mentoring untuk mempertahan bisnis mereka. Selain itu para pengusaha yang memperoleh mentoring melalui platform MicroMentor tersebut juga mampu meningkatkan penghasilan mereka sebesar 83%.

Di Indonesia, program MicroMentor yang baru diluncurkan hari ini ditargetkan dapat menjangkau 1.000 pengusaha sebagai mentees dan 200 wirausaha dan profesional berpengalaman sebagai mentor hingga akhir tahun 2019 dan diharapkan dapat terus meningkat di tahun-tahun selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Miyako Indonesia Umumkan Nikita Willy sebagai Brand Ambassador

Miyako hadir dengan berbagai macam produk rumah tangga bersertifikasi SNI,

Mentan Syahrul Dorong Akselerasi Gerakan Tiga Kali Ekspor

JAKARTA-Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mendorong peranan eksportir pertanian