Gara-Gara Cor Beton Tumpah, MSJ Lakukan Evaluasi Pengerjaan Tol BORR Seksi 3A

Wednesday 10 Jul 2019, 3 : 54 pm

JAKARTA-PT Marga Sarana Jabar (MSJ), anak usaha PT Jasa Marga menghentikan sementara pengerjaan proyek Tol Bogor Ring Road Seksi 3A. Alasanya, telah terjadi musibah, yakni balok penyangga tak kuat. Akibatnya, beton cor tumpah ke jalan.

“Saat proses pengecoran beton berjalan, balok penyangga (formwork/cetakan Pier Head) tidak kuat sehingga melengkung dan mengakibatkan beton tumpah ke jalan arteri di bawahnya,” kata Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar (MSJ) Hendro Armodjo dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu (10/7/2019)

Namun dalam musibah proyek Tol Bogor Ring Road Seksi 3A tersebut tidak ada korban jiwa. Musibah terjadi, sekitar pukul 05.15 WIB saat dilakukan pengecoran beton di lokasi Proyek Tol Bogor Ring Road Seksi 3A (Simpang Yasmin- Simpang Semplak) arah menuju Parung tepatnya di Pier 10 di depan Perumahan Taman Sari Persada Kota Bogor. “Hanya dua orang pekerja mengalami luka ringan akibat material dan saat ini sudah dalam perawatan,” jelas Hendro.

Menurut Hendro, kejadian tersebut terjadi saat pengecoran pada truck mixer yang ke 22 dari total rencana 25 Truck Mixer. Oleh karena itu, demi keamanan dan kenyamanan penggunan jalan, maka pihaknya menghentikan pekerjaan sementara.

Diakui Hendro, langkah ini sekaligus mengevaluasi metode pelaksanaan proyek secara menyeluruh bersama Kontraktor PT PP (Persero) Tbk dan Konsultan PT Indec KSO agar kejadian yang sama tidak terjadi di waktu mendatang.“Kami bekerjasama dengan Kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan kendaraan yang menuju arah Parung dialihkan ke Simpang Yasmin lalu ke Simpang Semplak/Atang Sanjaya, begitupun sebaliknya. Kami menargetkan siang hari ini arus lalu lintas diupayakan dapat berfungsi normal kembali,” ucapnya

Untuk mengidentifikasi lebih lanjut penyebab terjadinya insiden ini, tim Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) akan melakukan peninjauan ke lokasi proyek Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi 3A (Simpang Yasmin- Simpang Semplak). “Kami menargetkan siang hari ini arus lalu lintas diupayakan dapat berfungsi normal kembali,” tuturnya.

KKJTJ akan melakukan penelitian dan mengevaluasi penyebab kejadian ini. Nantinya hasil evaluasi tersebut akan diaplikasikan dalam metoda kerja agar kejadian yang sama tidak akan terulang lagi.

Jasa Marga dan PT MSJ memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat kejadian ini. Jasa Marga dan PT MSJ juga akan terus melakukan tindakan preventif dan korektif dengan tetap mengedepankan unsur-unsur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), serta evaluasi untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.

Don't Miss

Mercy Barends: Masyarakat Maluku Masih Sulit Dapat BBM Solar

JAKARTA-Anggota Komisi VII DPR RI Mercy Chriesty Barends mengeluhkan sejumlah

CIMB Niaga Catat Laba Bersih Rp2,13 Triliun di Semester I-2013

JAKARTA-PT Bank CIMB Niaga Tbk (“CIMB Niaga”; IDX: BNGA), hari