Garuda Incar Nasabah Bank Syariah Mandiri

38
koran-jakarta.com

JAKARTA –Besarnya minat umat Islam menunaikan ibadah haji dan umroh, membuat  PT Garuda Indonesia (Persero) menggandeng PT Bank Syariah Mandiri (BSM). “Kerjasama BSM dan Garuda Indonesia merupakan sinergi strategis yang patut disambut baik oleh para penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK) dan Penyelenggara Ibadah Umroh (PPIU), seiring dengan peningkatan jumlah peminat haji khusus dan umroh dari tahun ke tahun,” kata Direktur Keuangan PT Garuda Indonesia Handrito Hardjono dalam penandatanganan bersama MoU, dengan Direktur Corporate Banking and Treasury BSM Amran Nasution di Jakarta, Senin,(1/7).

Menurut Handrito, kerjasama ini dapat membantu likuiditas para mitra bisnis penyelengara perjalananan ibadah umrah, sehingga dapat mengoptimalisasikan tingkat keterisian kursi penerbangan Garuda Indonesia, khususnya untuk penerbangan ke Jeddah.

Yang jelas, kata Handrito lagi, langkah ini makin  mempermudah mitra bisnis kami, dalam hal ini penyelenggara ibadah haji khusus dan umroh, dalam melaksanakan pembayaran booking seat melalui layanan perbankan syariah.

Sementara itu, Direktur Utama BSM Yuslam Fauzi, menyatakan kerjasama ini memiliki visi yang sama dalam hal nasionalisme. ‘’Kami berharap kerjasama ini bisa memberikan sumbangsih bagi perekonomian nasional,” ujarnya.

Diakui Yuslam, bentuk kerjsama ini juga akan membuka kesempatan bagi PIHK dan PPIU untuk memperoleh pembiayaan modal kerja pembayaran deposit dan pembelian tiket pesawat Garuda untuk haji khusus dan umrah. Sejauh ini, prosentase pembelian tiket, mencapai 51% dari omzet PPIU dan PIHK.

Melalui penandatanganan nota kesepahaman tersebut, BSM berkomitmen memberikan fasilitas pembiayaan deposit atas reservasi yang telah confirmed, serta pembelian tiket umrah dan haji khusus Garuda Indonesia oleh Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) di kantor penjualan tiket Garuda Indonesia Halim Perdanakusuma. Penandatangan nota kesepahaman ini juga meliputi kerjasama peningkatan layanan jasa perbankan BSM dan Garuda Indonesia. **can