Genjot Industri Pariwisata, PUPR Bangun Infrastruktur Menuju Kawasan Borobudur

42

JAKARTA-Pemerintah tengah mengembangkan sektor pariwisata secara intensif, salah satunya melalui program pembangunan 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang disebut 10 Bali Baru. Dukungan penyediaan infrastruktur dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Cipta Karya pada KSPN mencakup akses jalan, penataan kawasan, air bersih, sanitasi, dan persampahan. Secara keseluruhan memberikan kontribusi penting dalam upaya mencapai jumlah 20 juta wisatawan pada tahun 2019 sebagaimana menjadi target Presiden RI.

Untuk meningkatkan kemudahan pergerakan di dalam kawasan, bentuk dukungan Kementerian PUPR diantaranya adalah pelebaran jalan sesuai dengan standar jalan pada ruas Jalan Sentolo ke Dekso dan pelebaran Jalan Tempel – Pakem – Prambanan.

Selain itu juga peningkatan jalan lingkungan dan drainase pada 10 Desa di KSPN Borobudur, Peningkatan Jalan Akses ke Balkondes di Desa Borobudur, serta Pembangunan Lahan Parkir dan Toko Souvenir Desa Karangrejo Kabupaten Magelang.

Untuk pendukung KSPN Borobudur, Kementerian PUPR juga tengah membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) KSPN Borobudur sebesar 35 liter/detik sebagai penyedia kebutuhan air minum bagi 12 Desa. Pembangunannya telah dimulai pada 24 November 2017 dan direncanakan untuk selesai pada 3 Desember 2018 melalui skema kontrak tahun jamak. Progres fisik pekerjaan kini mencapai 64,11 persen.