Gerakan Ekonomi Gebu Minang Sejalan Dengan Jokowi

68
suarapemred.com

JAKARTA-Ketua Umum Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang (Gebu Minang), Oesman Sapta mengatakan keberadaan Gebu Minang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Minang dan Indonesia dalam melakukan pembangunan diberbagai sektor. Terlebih, visi dan misi Gebu Minang sejalan dengan visi dan misi Presiden Joko Widodo.
“Dalam era modern ini, strategi dan struktur organisasi yang jelas sangat dibutuhkan,” katanya kepada wartawan di Jakarta, Minggu (22/1) malam.

Menurut Wakil Ketua MPR ini, skill para anggota sangat dibutuhkan untuk memajukan or­ganisasi, membangun sistem dan kecepatan dalam meraih target. “Revitalisasi Gebu Minang akan menjadi road map organisasi kedaerahan di era modern,” ujarnya.

Dikatakan OSO, saat ini tim formatur Mubes ke VI Gebu Minang telah merampungkan susunan kepengurusan. Pekan depan, tim akan mendaftarkan kepengurusan Gebu Minang periode 2016-2021 ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kepengurusan Gebu Minang periode 2016-2021 diisi oleh tokoh masyarakat Minang dari berbagai bidang. Selain itu, kepengurusan baru Gebu Minang menyatukan berbagai unsur partai politik dan organisasi yang menjadi sarana perjuangan dan pengabdian masyarakat Minang,” terangnya. kata Oesman Sapta kepada wartawan di Jakarta, Minggu (22/1) malam.

Melanjutkan penjelasannya, OSO sapaan Oesman Sapta menambahkan posisi wakil ketua umum, ada Pak Fadli Zon (wakil Ketua DPR) dan Mulyadi (Ketua Komisi VII DPR). Saya sendiri anggota DPD dan Wakil Ketua MPR. “Namun, semangat gotong royong dan keberaamaan di Gebu Minang menyatukan kami untuk berjuang bersama-sama,” tambahnya lagi.

Karena itu, OSO begitu ia akrab disapa meyakini kalau eksistensi dan revitalisasi Gebu Minang akan membawa manfaat besar untuk kemajuan bangsa.

Ketua umum Hanura ini mencontohkan perlindungan terhadap masyarakat Minang di sektor perdangan akan membawa efek domino, karena sebagian besar usaha masyarakat minang bergerak di sektor riil dan Usaha Kecil Menengah (UKM). “Misalnya, rumah makan padang. Berapa banyak tenaga kerja yang terserap di sektor ini. Kalau ini dibangun, diperhatikan dengan serius, kita bisa bayangkan pertumbuhan ekonomi yang akan terjadi. Itu baru satu sektor loh. Banyak juga masyarakat Minang yang menjadi pengusaha besar,” tutur dia.

Selain sektor ekonomi, sambung dia, sumbangsih masyarakat Minang dibidang politik dan kebudayaan juga tak kalah besar.

Mengenai pendaftaran pengurus, OSO mengatakan, kepengurusan Gebu Minang periode 2016-2021 akan didaftarkan ke Kesbangpol Kemendagri pada pekan depan. Selain itu, ungkap dia, pengukuhan pengurus akan dilakukan secara terbuka agar eksistensi dan sumbangsih Gebu Minang disaksikan rakyat Indonesia. “Kami akan buat acara perkenalan dan pengukuhan pengurus baru. Formatnya sudah disusun, tinggal mencari waktu yang pas untuk dipublikasikan,” tandasnya. ***