Gerindra: Indonesia Menuju Krisis Ekonomi

Friday 24 Jun 2016, 7 : 51 pm
by
Wakil Ketua Umum DPP Gerindra, Arief Poyuono

JAKARTA-Wakil Ketua Umum DPP Gerindra  Arief Poyuono meminta pemerintah bersikap jujur terkait kondisi krisis ekonomi yang sudah di depan mata. Tanda-tanda ambruknya ekonomi semakin jelas menyusul kemampuan sejumlah institusi yang tergabung dalam Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) dalam mengatasi persoalan ekonomi sangat  diragukan.

Salah satu sinyal menuju krisis itu ditandai pernyataan Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Suahasil Nazara yang menyebutkan Presiden Joko Widodo dapat terlibat di dalam menentukan keputusan kondisi krisis ekonomi tanpa menunggu rekomendasi KSSK. “Artinya, tidak hanya berpatokan pada empat otoritas di bawah  KSSK ,Presiden Jokowi dapat  menyatakan dan mengambil kebijakan bahwa ekonomi Indonesia sudah pada tahapan krisis ekonomi akibat miss government management dalam mengelola anggaran pendapatan dan pengeluaran negara,” ujarnya di Jakarta, Jumat (24/6).
Presiden bisa saja mengedepankan pertimbangan factor  politik dalam menetapkan keputusan yang bisa saja berbeda dengan rekomendasi KSSK. “KSSK yang terdiri dari OJK, BI, Menkeu dan LPS, semestinya jujur bahwa ekonomi Indonesia masuk krisis,” tuturnya.

Indikator memburuknya ekonomi tercermin dari angka defisit APBN yang sangat besar. Dampaknya, pemerintah memotong jumlah anggaran di APBN -P tahun 2016. “Diantaranya menghilangkan subsidi tarif dasar listrik bagi pelanggan 900 Watt ,melakukan  obral SUN dan obligasi dengan bunga yang tinggi , terjadinya deflasi yang disebabkan oleh daya beli masyarakat yang menurun dan bukan oleh kinerja Ekonomi makro yang efisien , serta tingginya NPL perbankan Indonesia yang sudah di atas 5 persen,” urainya

Meningkatnya kredit macet di  perbankan Indonesia jelasnya merupakan konsekuensi dari keputusan Otoritas Jasa Keuangan (OJ)  dengan melanggar aturan Peraturan Bank Indonesia (PBI). Semestinya, program restructuring kredit macet hanya boleh dilakukan satu kali, tapi kenyataannya diperbolehkan berkali-kali dengan cara melakukan apprasial ulang terhadap aset yang dianggunkan. Celakannya lagi, penilaian ulang ini termasuk dengan  cara melakukan peningkatan nilai Aset berdasarkan nilai kurs rupiah pada US dollar tanpa mengindahkan adanya penyusutan
“Krisis ekonomi yang disebabkan juga oleh kinerja ekspor yang menurun dibandingkan impor serta  jatuhnya harga -harga komoditas eskpor Indonesia seperti komoditas  pertambangan dan pertanian dll serta tetap bertenggernya dolar AS selama setahun di kisaran angka Rp 13.000 rupiah juga jadi sinyal krisis ekonomi,” urainya.

Hal itu juga diperkuat oleh pernyataan Menteri Perdagangan Thomas lembong yang sedang menunggu kejujuran Presiden Joko Widodo bahwa Indonesia menuju krisis ekonomi. “Karena itu sebaiknya Presiden Jokowi jujur saja dan segera membuat kebijakan ekonomi yang terarah maupun politik untuk bisa mengatasi ancaman krisis ekonomi Indonesia,” pungkasnya .

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Industri Serat Rayon

Industri Serat Rayon dari Austria Investasi Rp 2 Triliun Hasilkan Produk Hijau

JAKARTA-Industri tekstil dan produk tekstil (ITPT) merupakan salah satu sektor unggulan manufaktur yang

BTN Bidik Wirausaha Properti Kaum Millenial Surabaya

SURABAYA-Direktur Legal, Risk and Complience PT Bank Tabungan Negara (Persero)