Golkar Kecam Keras Aksi Kudeta Militer di Turki

Monday 18 Jul 2016, 3 : 48 pm

JAKARTA-Kudeta militer di Turki tidak bisa dibenarkan dengan cara apapun. Apalagi kudeta itu sampai menewaskan ratusan warga sipil. Karena itu Partai Golkar mengutuk keras cara-cara inkonstitusional. “Ada cara yang lebih demokratis dan prosedural dalam meraih kekuasaan negara dan pemerintahan” kata Ketua Umum DPP Partai Golkar Setya Novanto di Jakarta, Senin (18/7/2016).

Mantan Ketua DPR RI ini bersyukur gagalnya upaya kudeta militer yang akan menggulingkan kepemimpinan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. “Terlalu mahal harga yang harus dikorbankan bagi bangsa dan negara Turki jika kudeta militer itu terjadi,” tambahnya.

Novanto menceritakan dirinya pernah menerima kunjungan Presiden Erdogan ke Indonesia. Tentu ini sebagai bukti, bahwa Turki di bawah Kepemimpinan Presiden Erdogan telah menjadi kekuatan ekonomi yang diperhitungkan di antara negara-negara di Eropa dan juga dunia.

Selain itu, menurut Novanto, demokrasi di Turki juga telah menunjukkan kompatibilitas Islam dengan nilai-nilai demokrasi dalam praktek bernegara. “Partai GOLKAR mengecam dan mengutuk upaya-upaya inkonsitusional dalam perebutan kekuasaan di Turki dan juga di negara-negara lainnya” tambah Novanto.

Setya Novanto berharap agar Presiden Erdogan segera dapat menyelesaikan konflik politik di Turki dan pemulihan situasi politik kembali menjadi kondusif.

Selain itu, Setya Novanto juga meminta kepada WNI, baik yg sedang melancong, belajar dan bekerja di Turki, untuk menjauhi pusat-pusat keramaian agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan sebelum benar-benar kondisinya pulih seperti sedia kala. “Kepada Kementerian Luar Negeri RI agar dapat pro-aktif melindungi WNI yang berada di sana” pungkasnya. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Presiden Kampanyekan Gerakan “Ayo Menabung”

JAKARTA-Presiden Joko Widodo memulai kampanye gerakan “Ayo Menabung” untuk meningkatkan

Pertamina Foundation Jaring 280 Mahasiswa Untuk Dapatkan Beasiswa

JAKARTA-Penciptaan SDM unggul menjadi konsen Pertamina Foundation sebagai basis penciptaan