Grab Indonesia Dapat Suntikan Dana USD 2 Miliar Dari SoftBank

9

JAKARTA-Sebuah konglomerasi yang berpusat di Tokyo, Jepang, SoftBank siap menambah investasi baru di Indonesia. Jika sebelumnya, SoftBank sudah berinvestasi di Indonesia sebesar USD 2 Miliar maka kali ini, perusahaan Jepang itu siap menambah investasi baru sebesar USD 2 Miliar.

Hal itu disampaikan CEO SoftBank, Masayoshi saat memenemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (29/7).

“SoftBank sudah berinvestasi di Indonesia sebesar USD 2 Miliar dan berencana akan menambah lagi untuk investasi baru sebanyak USD 2 Miliar lagi,” jelasnya.

Menurut Masayoshi, investasi tambahan sebesar USD 2 Miliar itu akan diberikan kepada Grab dan beberapa perusahaan lain. Salah satunya, untuk pembangunan kantor pusat Grab di Indonesia.

“Kami akan membuat kantor pusat Grab di Indonesia, dan juga berinvestasi USD 2 Miliar melalu Grab. Tetapi kita akan berinvestasi lebih banyak ke Indonesia,” jelas Masayoshi.

Selain itu, SoftBank juga berencana untuk lebih banyak berinvestasi di unicorn dan juga berambisi untuk menciptakan lebih banyak unicorn di Indonesia. Fokusnya adalah mengembangkan artificial intelegence (AI) seperti Tokopedia.

“Tokopedia sudah 1% dari PDB Indonesia dan semakin banyak perdagangan elektronik berarti lebih baik bagi perekonomian dan kami menciptakan lebih banyak lapangan kerja,” jelas Masayoshi.