Gubernur BI Berikan 5 Jurus Dorong Industri Halal

Friday 15 Nov 2019, 4 : 52 pm
by
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo,

JAKARTA-Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, memberikan lima jurus untuk mendorong industri halal di Indonesia. Kelima jurus tersebut adalah Competitiveness (daya saing), Certification (sertifikasi), Coordination (koordinasi), Campaign (publikasi) dan Cooperation (kerja sama).

Implementasi lima jurus tersebut dapat menjadi kunci untuk menjadikan Indonesia tidak hanya sebagai pasar tetapi juga sebagai basis produksi industri halal global.

Hal tersebut disampaikan dalam konferensi INHALIFE yang bertajuk “Creating Halal Champions Accessing to The Global Halal Markets : “From Potency to Reality”, sebagai rangkaian kegiatan ISEF 2019 di Jakarta, Kamis (14/11).

Menurutnya, Competitiveness (daya saing) dapat dilakukan melalui pemetaan sektor-sektor potensial yang dapat dikembangkan, seperti sektor makanan dan minuman, fashion, wisata, dan ekonomi digital. Sementara itu, Certification (sertifikasi) diperlukan untuk memperluas akses pasar.

Oleh karena itu, para pengambil kebijakan dan pelaku perlu bersama mendorong agar barang dan jasa yang dihasilkan memperoleh sertifikasi halal.

Coordination (koordinasi) dan sinergi kebijakan dan program antara pemerintah, Bank Indonesia dan lembaga terkait diperlukan untuk menjadikan ekonomi syariah sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru.

Campaign (Promosi) diperlukan untuk memperkenalkan kepada publik bahwa gaya hidup halal bersifat universal, tidak hanya untuk muslim, namun juga untuk nonmuslim.

“Dan yang terakhir, Cooperation (kerja sama) antara pemangku kepentingan industri halal nasional dan internasional adalah juga prasyarat untuk membangun dan mengembangkan industri halal global,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Intelektual Ganjar Vs Emosional Prabowo

Oleh: Saiful Huda Ems Menyaksikan Debat Capres Pertama beberapa hari

Pemerintah Naikkan Tarif Cukai Hasil Tembakau

JAKARTA-Pemerintah akan segera melakukan penyesuaian tarif cukai hasil tembakau untuk