Gubernur Sumsel Ingin Semen Baturaja Selesaikan Pembangunan Pabrik Baru

Sunday 29 Nov 2015, 5 : 49 pm
by
Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin

PALEMBANG-Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Alex Noerdin mendorong manajemen PT Semen Baturaja (PT SB) segera menyelesaikan pembangunan pabrik PTSB III di Kabupaten OKU Selatan. Bahkan orang nomor 1 di Palembang ini mengancam akan mengalihkan ke investor lain jika tak cepat diselesaikan.

Percepatan pembangunan pabrik ini jelas Alex sangat diperlukan. Apalagi menjelang Asian Games 2018, kebutuhan semen dipastikan meningkat. Ini untuk mendukung pembangunan sarana dan prasarana menunjang kegiatan kejuaraan olahraga se Asia tersebut. Seperti pembangunan jalan tol, jembatan dan lainnya. “Saya tekankan kerja cepat. Kalau yang di OKU Selatan tidak kunjung selesai, saya masukan pemain lain. Baik dalam maupun luar negeri. Saya tidak ngancam. Kalau mau mengumpulkan dana dulu kapan jadinya. Tidak harus menunggu,” kata Alex Noerdin saat kunjungan kerja di PTSB, Sabtu (28/11) petang.

Dia memberikan opsi ke manajemen Semen Baturaja guna mempercepat pembangunan pabrik baru ini. Jika pembangunan pabrik di OKU Selatan sulit direalisasikan lantaran letak geografis dan akses jalan, dia menyarankan pengolahan bahan baku dilakukan di Baturaja atau membangun pabrik di Tanjung Api Api Palembang.

Sementara itu, Direktur Umum dan SDM PT SB Ramlan Kurniawan mengaku infrastruktur pendukung di OKU Selatan seperti listrik sudah tersedia. Hanya infrastruktur jalan yang sulit. Karena jalan naik turun dan harus membawa peralatan pabrik besar-besar. “Kami akan kaji ulang opsi dari Gubernur. Apakah membangun pabrik di OKU Selatan, atau di Baturaja atau di Tanjung Api Api. Sekalipun tetap membangun di sana (OKU Selatan,Red), kami perlu pertimbangan ekonomisnya,” ujar Ramlan.

Dia menjelaskan, potensi produksi di PT SB hampir mencapai 1,8 juta ton semen pertahun. Lahan tambang diperkirakan mencapai 500 hektar. “Kami kaji skala mana yang lebih menguntungkan. Dari segala teknis, aspek ekonomis dan lainnya,” imbuhnya.(irwan wahyudi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BI

Tren Perbaikan Pertumbuhan Ekonomi Triwulan IV 2020 Diprediksi Berlanjut

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) menyatakan bahwa berdasarkan data Badan Pusat Statistik

Investor Sukses: Belilah Saham Ketika Harganya Sedang Turun

JAKARTA-Investor sukses di ranah pasar modal, Lo Kheng Hong mengajarkan