Hanura : Sipol KPU Cegah Data Ganda Pengurus Parpol

Thursday 12 Oct 2017, 1 : 15 pm

JAKARTA–Dewan Pimpinan Pusat Partai Hanura mengapresiasi kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam menyiapkan mekanisme pendaftaran partai politik. Apalagi Sipol ini sangat tertib dan cermat mengupdate data. “Hal ini akan mencegah terjadinya kegandaaan kepengurusan dan keanggotaan parpol,” kata Wakil Sekretaris Jenderal DPP Hanura, Mukhtar Tompo, saat menyerahkan berkas pendaftaran Partai Hanura, ke Kantor KPU, Jl. Imam Bonjol, Jakarta, Kamis, 12 Oktober 2017.

Lebih jauh Sekretaris Tim Pemberkasan Verifikasi KPU DPP Hanura menjelaskan pihaknya telah mengikuti semua syarat yang tertuang dalam UU No. 7 tahun 2017, dan juga PKPU No.11 tahun 2017. “Meski persiapannya cukup singkat, karena waktu yang kasif, semuanya mampu kami selesaikan selama kurang lebih sebulan,” jelasnya.

Anggota DPR RI Fraksi Partai Hanura ini menambahkan partainya dapat dengan mudah mempersiapkan berkas pendaftaran, karena cukup terbantu dengan keberadaan Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL), yang dibuat KPU. “Sistem SIPOL yang diberlakukan KPU kami nilai sangat efektif untuk kebaikan organisasi parpol secara internal, dan membantu negara dalam perbaikan administrasi parpol,” ungkapnya.

Selain itu, Mukhtar juga menyatakan bahwa SIPOL turut membantu parpol dalam merapikan data base keanggotaan dan kepengurusan. “Ketika adminitrasi partai sudah rapi, parpol yang bersangkutan mudah melakukan konsolidasi apapun. Mutasi penduduk dari satu parpol ke parpol lain juga akan tercatat secara otomatis,” jelasnya.

Dengan kehadiran SIPOL, lanjut Mukhtar, pihaknya tak perlu lagi repot-repot membuka UU atau PKPU, karena sistem penginputan SIPOL otomatis merujuk pada peraturan tersebut. “Jadi, jika kita mengisi semua yang dipersyaratkan SIPOL, otomatis kita telah memenuhi berbagai persyaratan pendaftaran Pemilu yang diwajibkan UU maupun PKPU,” tandas Mukhtar.

Meski demikian, Mukhtar menegaskan bahwa jauh hari sebelum UU Pemilu disahkan, Partai Hanura memang telah siap untuk mendaftar sebagai peserta Pemilu 2019. “Misalnya, sejak jauh hari, Partai Hanura telah memiliki website khusus yang memuat data base keanggotaan Partai. Sehingga, ketika KPU meluncurkan SIPOL, kami hanya mentransfer data base kami ke SIPOL KPU,” imbuhnya.

Mukhtar optimis, partainya mampu menembus tiga besar dalam Pemilu 2019 mendatang. “Dengan melihat konsolidasi Partai Hanura dibawah kepemimpinan Bapak Oesman Sapta, Insya Allah kami akan masuk tiga besar dalam Pemilu mendatang,” tutupnya. ***eko

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Menyusut, Defisit Transaksi Berjalan Tercatat USD 3,9 Miliar

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mencatat defisit transaksi berjalan triwulan I 2020

Marketing Sales DMAS Tembus Rp1 Triliun

JAKARTA-PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) sepanjang semester I-2020 mampu mencatatkan