Harga Avtur Domestik Lebih Mahal 20% Ketimbang Internasional

Thursday 19 Jul 2018, 12 : 23 pm
Kompas

JAKARTA-Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengatakan salah satu penyebab kenaikan harga bahan bakar pesawat jenis Avtur adalah karena luasnya wilayah Indonesia. Tak hanya itu, bentuk negara kepulauan menjadikan transportasi udara menjadi hal paling wajar untuk digunakan menjangkau antarwilayah.

“Ini masih perkiraan saya saja ya, kalau saya taksir penyebab utamanya adalah luasnya wilayah Indonesia dan terdiri dari ribuan pulau,” kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Djoko Siswanto kepada Antara ketika ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis, (19/7/2018).

Djoko menjelaskan Indonesia yang berbentuk negara kepulauan menjadikan transportasi udara menjadi hal paling wajar untuk digunakan menjangkau antarwilayah.

“Apalagi, untuk pengiriman logistik di pulau terpencil, pesawat perintis masih menjadi pilihan utama, sehingga rute penerbangan pendek antarpulau masih jamak dilakukan,” katanya.

Banyaknya rute penerbangan antarpulau tersebut, lanjut Djoko, membuat konsumsi Avtur menjadi lebih banyak dibandingkan negara lain, sehingga harganya besar kemungkinan menjadi naik dan apalagi ketersediannya juga berkurang.

“Kalau dibandingkan negara Singapura yang kecil, kan pasti konsumsi Avturnya lebih banyak di Indonesia, wajar saja prediksi penyebab naiknya harga karena faktor geografis,” kata Djoko.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, pihaknya akan melakukan negosiasi dengan PT Pertamina (Persero) agar menurunkan harga Avtur minggu depan.

Sebab, saat ini harga Avtur yang dijual Pertamina lebih mahal sekitar 20 persen dibandingkan harga internasional. Dengan negosiasi yang dilakukan, menurut Budi, setidaknya harga bahan bakar pesawat tersebut bisa turun hingga 10 persen.

Data yang dihimpun, harga avtur di Bandara Changi, Singapura sekitar 178 sen dolar AS/galon atau Rp6.583/liter. Harga ini termasuk yang paling murah di banding bandara-bandara lainnya di dunia, termasuk di Riyadh, Arab Saudi sekitar 200 sen dolar AS/galon atau Rp7.397/liter.

Sedangkan berdasarkan situs Pertamina Aviation, harga Avtur di Bandara Soekarno-Hatta saat ini mencapai Rp7.580 atau 0,56 dolar AS setiap liternya sudah termasuk pengiriman ke pesawat namun belum menghitung PPN 10 persen dan PPh 0,3 persen khusus penerbangan domestik. ***

Don't Miss

Kisruh Transportasi Online Harus Cepat Ditangani

JAKARTA-Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis menegaskan menghadapi

Tiongkok Sepakat Beli 200 Juta Ton Batubara Indonesia di 2021

JAKARTA-Realisasi penjualan batubara Indonesia dipastikan bakal mendapatkan rapor hijau dalam