Harga Bahan Pangan Sudah Turun, Kecuali Minyak Goreng dan Daging Sapi

Harga Bahan Pangan Sudah Turun, Kecuali Minyak Goreng dan Daging Sapi

0
BERBAGI
Menko Perekonomian, Darmin Nasution memberikan keterangan pers usai Sidang Kabinet Paripurna, di Kantor Presiden, Jakarta Selasa (7/6).

JAKARTA-Pemerintah terus mencari jalan serta menyiapkan langkah-langkah strategis untuk mengendalikan dan menurunkan harga bahan pangan. Sejauh ini, harga semua bahan pangan sudah turun, kecuali minyak goreng dan daging sapi.”Pada prinsipnya, kesiapan pemerintah saat lebaran ini relatif semuanya sudah baik. Termasuk penanganan terhadap transportasi, mengontrol harga-harga, keamanan, dan juga infrastruktur lainnya,” ujar Menko Perekonomian Darmin Nasution kepada wartawan usai Sidang Kabinet Paripurna, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (7/6).

Menurutnya, dari hasil pemantauan, perkembangan minggu ke minggu, atau bulan ke bulan, selama 1 bulan terakhir ini, sebetulnya harga pangan yang masih agak tinggi kenaikannya adalah gula pasir. “Kalau beras, sama sekali tidak. Kemudian, barangkali daging walaupun dia tetap agak bertahan tinggi, ada kenaikan sedikit, tetapi tidak banyak,” ujarnya.

Dia mengatakan, pemerintah sudah mengusahakan agar harga gula pasir turun. Namun sampai dengan hari ini, ternyata harganya masih agak bertahan. Sehingga tidak ada jalan lain, suplainya, pasokannya harus dinaikkan lagi. “Karena apapun alasannya harusnya harga sudah mulai bergerak turun,” ujarnya.

Yang juga masih positif tuturnya harga daging ayam. “Meskipun itu ada positifnya, bukan negatif, kalau dilihat harga rata-rata mingguan atau dari bulan ke bulan. Tapi kalau harga bawang merah, itu sudah turun,” jelasnya.

Dia menegaskan, pemerintah masih terus mencari cara menurunkan harga pangan ini supaya tercapai apa yang telah disampaikan oleh  Presiden. “Kita semua tahu, bahwa Bapak Presiden sudah menyampaikan harga berapa harga daging yang beliau inginkan. Dan kita juga sebenarnya sudah membuat range harga, berapa harga tertinggi yang sudah harus diintervensi dan berapa harga terendah yang juga harus diintervensi, baik itu bawang dan sebagainya,” terang Darmin.