Harga Bahan Pokok Cenderung Stabil

8

JAKARTA-Ketersediaan barang dan harga bahan pokok terkendali saat Ramadhan hingga Lebaran setelah melakukan pemantauan di 34 provinsi. “Seluruh eselon I sudah turun, melihat, melakukan koordinasi dengan kepala dinas, dan juga turun langsung ke pasar. Alhamdulillah semua aman. Ini adalah tahun ketiga ketersediaan bahan pokok dan harga terkendali,” kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di Jakarta, Senin, (27/5/2019).

Enggar menyampaikan permintaan dan pasokan kebutuhan barang kebutuhan pokok saat ini seimbang. Dengan demikian diprediksi inflasi bulan ini akan terkendali, bahkan mungkin akan terjadi deflasi.

“Kalaupun terjadi deflasi, bukan karena masyarakat tidak ada pembelian, tapi karena supply dan demand terjadi keseimbangan, yaitu harga terkendali,” ujar Enggar.

Menurut dia, adanya Tunjangan Hari Raya (THR) kepada para pegawai, serta kondisi barang dan harga yang terkendali maka tingkat konsumsi masyarakat akan meningkat.

“Saya tanya ke pengusaha ritel itu (konsumsi) memang terjadi peningkatan,” kata Enggar.

Enggar mengapresiasi para pengusaha dan pedagang yang turut berkontribusi dalam mengendalikan harga kebutuhan pokok saat momen Ramadhan dan Lebaran.

“Kami mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih, karena mampu mengendalikan diri untuk harga di tengah Ramadhan,” ujar Enggar.