Harga Daging Sapi di Tangsel Berkisar antara Rp 125 ribu-130 ribu per...

Harga Daging Sapi di Tangsel Berkisar antara Rp 125 ribu-130 ribu per Kg

0
BERBAGI
Sekertaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangsel, Malikuswari, saat melakukan pemanataun harga daging sapi di pasar Tangsel/photo Raja Tama

TANGERANG-Kenaikan komoditas bahan kebutuhan pokok dibeberapa pasar tradisional dan modern di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), terjadi sebelum datangnya Ramadhan 1437H.

Pedagang sayuran di pasar modern BSD Tini (52 tahun) mengaku, sejumlah bahan sayuran seperti cabai, bawang, tomat kol,buncis dan lainya memang sudah mengalami kenaikan harga sejak sebelum bulan Ramadhan.  “Kalau harga sudah naik dari sebelum puasa, biasanya kenaikan harga baru terjadi di hari ke 20 puasa sampai lebaran,” akunya.

Begitu halnya pada komoditas seperti daging sapi dan ayam yang dijual di pasar tradisional kelas premium itu.

Senada dengan Tini, penjual daging sapi Hadi (28 tahun), mengaku mematok harga antara Rp 125 ribu -130 ribu perkilogram. “Rp125 ribu untuk daging dengan lemak sedangkan Rp 130 ribu untuk daging yang sudah bersih, engga ada lemaknya,” katanya.

Sementara di Pasar tradisional Serpong, harga daging sapi terjadi sedikit penurunan dari Rp120 ribu perkilogram diawal Ramadhan, menjadi Rp 115 ribu perkilo. Sementara daging untuk sup dihargai Rp 85 ribu perkilo.

Sedangkan untuk daging ayam dipasar tersebut, Tumirah (58 tahun) mengatakan melepas harga Rp 100 ribu perekor untuk ayam kampung dan Rp 37-40 ribu untuk ayam broiler.  “Tadinya dikisaran harga 25/26 ribu perekor tapi seminggu sebelum puasa naik jadi Rp 37 ribuan,” cetusnya.

Meski ada sedikit gejolak harga pada harga ayam potong, dirinya mengaku masih mampu menjual dalam kisaran jumlah yang sama antara sebelum dan saat pelaksanaan puasa.  “Pembelinya masih sama tidak naik dan tidak turun juga, rata-rata 350 sampai 400 ekor saya jual perhari,” ucap penjual ayam yang sudah 30 tahun berjualan di pasar tersebut.

Selain dua pasar tradisional di Kota Tangsel, www.beritamoneter.com juga memantau harga kebutuhan pokok di supermarket modern Giant.

Terpantau beberapa komoditi mengalami kenaikan harga dan ada pula yang turun. Seperti terjadi pada bawang merah, dari sebelum Ramadhan hanya Rp48 ribu perkilo, saat ini dijual seharga Rp71 ribu perkilo, sementara harga komoditas seperti ayam broiler dibanderol seharga Rp 26.500 perekor, daging beku Rp 92 ribu, daging biasa Rp 147 ribu.

Diakui Sekertaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangsel, Malikuswari, mengaku, harga komoditas bahan kebutuhan pokok di Tangerang Selatan, masih stabil baik dari sisi pasokan dan harga.  “Ada gejolak kenaikan dibeberapa komoditas tapi ada juga yang malah turun harganya di puasa ini,” katanya.

Dia berjanji akan terus melakukan pemantauan terhadap pasokan dan stabilitas harga barang diwilayah Kota Tangerang Selatan.  “Terus kami lakukan pantauan dilapangan, Kami menjamin harga dan pasokan bahan kebutuhan pokok aman dan terkendali,” pungkasnya. (Raja Tama)