Hari Batik Nasional, TM Thamcit Dukung Daerah Penghasil Batik Berkualitas Tinggi

54

JAKARTA-Menyambut Hari Batik Nasional (HBN) yang jatuh 2 Oktober 2017, Trade Mall Thamrin City (TM Thamrin City) menggelar gerakan bertema “Batik Membangun Negeri”. Apalagi batik yang menjadi hasil karya asal bangsa sudah berkembang pesat ke seluruh pelosok Indonesia. “Ini bisa menjadi ikon even yang impressive dan educative sehingga menunjang kepentingan pemerintah dalam mengembangkan daerah-daerah penghasil batik,” kata GM TM Thamrin City, Adi Adnyana dalam siaran persnya di Jakarta, Jumat (29/9/2017).

Gelaran batik nasional pada TM Thamrin City mulai dibuka 30 September sampai 2 Oktober 2017. Apalagi selama ini TM Thamrin City) sudah menjadi ikon pasar batik yang berkualitas dan lengkap, dari berbagai daerah penghasil batik. “Kreasi dan motif-motif terbaru ditunggu-tunggu masyarakat. Wajar dalam even ini pengunjung melonjak dan transaksi penjualan naik,” tambahnya.

Diakui Adi, kegiatan atau even tahunan tersebut merupakan ajang para pencinta batik di seluruh daerah berlomba-lomba menyelenggarakan dan memperkenalkan batik bercita rasa tinggi. “Hal ini sebagai bentuk rasa bangga dan cinta terhadap batik yang ingin ditunjukan kepada dunia,” ucapnya.

Pelaksanaan HBN kali ini dilaksanakan pada beberapa lokasi, diantaranya, Grand Hall lantai dasar dan Mezanine lantai satu. Jadi kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya melaksanakan kegiatan cuma di Grand Hall saja. Yang menarik HBN saat ini dilengkapi dengan Festival Kopi Nusantara, pagelaran musik, koregrafi tari musik bernuansa batik, fashion show hingga body painting. “Konsepnya adalah perpaduan suasana tradisional, dipadukan dengan gerak tari, kuliner, fashion show, dan hiburan selama 3 hari berturut-turut,” terangnya.

Menurut Adi, nuansa tradisional lebih banyak tampil agar pengunjung yang hadir merasakan kehangatan dan bersahabat. Ditambah lagi dengan tarian nasional etnik modern bernuansa batik yang berkolaborasi antara Padepokan Sekar Pusaka dari Bandung dengan para pedagang pasar tempo doeloe.

Suasana modernpun akan kental terasa dengan hadirnya band yang terkenal yaitu Band Radja sebagai suguhan hiburan dalam rangka memeriahkan Hari Batik Nasional kali ini.”
“Menjadi suatu keharusan TM Thamrin City bila mengadakan suatu kegiatan dibarengi dengan kegiatan sosial, berupa donor darah yang dilaksanakan pada hari sabtu, 30 September 2017 bekerjasama dengan PMI UTD Kota Sukabumi,” pungkas Adi Adnyana.

Puncak kemeriahan dilaksanakan pada hari senin, 2 Oktober 2017, di event yang bertema “Batik Membangun Negeri”, pengunjung juga akan menyaksikan atraksi body painting, tarian nasional agar acara lebih meriah, pengunjung yang hadir akan diberi hadiah-hadiah door prize.

Tidak lengkap tanpa kehadiran komunitas-komunitas, karena TM Thamrin City selain terkenal dengan Pusat Batik Nusantara dan Pusat Busana Muslim juga terkenal dengan tempat berkumpulnya atau kopdar para komunitas dari berbagai macam kelompok. “Sebut saja komunitas sepeda ontel dan komunitas burung yang ikut memeriahkan acara TM Thamrin City,” pungkasnya. ***